Rabu 21 Jun 2023 18:54 WIB

Kapolres Indramayu Berharap Dukungan Satkamling Jaga Kamtibmas

Keberadaan Satkamling di Kabupaten Indramayu disebut diapresiasi masyarakat.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Polres Indramayu menggelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), yang dipimpin Kepala Polres (Kapolres) Indramayu AKBP M Fahri Siregar di Markas Polres Indramayu, Jawa Barat, Rabu (21/6/2023).
Foto: Dok Humas Polres Indramayu
Polres Indramayu menggelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), yang dipimpin Kepala Polres (Kapolres) Indramayu AKBP M Fahri Siregar di Markas Polres Indramayu, Jawa Barat, Rabu (21/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Polres Indramayu menggelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di Lapangan Markas Polres Indramayu, Jawa Barat, Rabu (21/6/2023). Keberadaan Satkamling ini diharapkan dapat mengoptimalkan sinergi dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Apel yang dipimpin Kepala Polres (Kapolres) Indramayu AKBP M Fahri Siregar itu diikuti juga unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Indramayu, Wakapolres Indramayu Kompol Hamzah Badaru, para pejabat utama Polres Indramayu, serta para kepala polsek (kapolsek).

Baca Juga

Kapolres mengatakan, kegiatan Apel Ketua Satkamling itu dilaksanakan serentak se-Indonesia. “Apel ini untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif,” kata Kapolres.

Satkamling merupakan bagian dari pengamanan (pam) swakarsa atau atas kesadaran dan kemauan sendiri, yang diatur dalam peraturan kepolisian. Menurut Kapolres, keberadaan Satkamling itu sebagai bagian dari upaya menjaga kamtibmas, termasuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di lingkungan masyarakat.

“Kami juga berharap dengan Satkamling ini dapat meningkatkan dan mengoptimalkan sinergisitas antara Polri-TNI dan masyarakat dalam rangka untuk bisa menjaga kamtibmas yang kondusif,” kata Kapolres.

Berdasarkan hasil peninjauan ke sejumlah Satkamling di wilayah hukum Polres Indramayu, Kapolres mengatakan, kinerja Satkamling ini mendapat apresiasi masyarakat. Contohnya, mencegah terjadinya tawuran. “Sejauh ini, Satkamling Wiralodra Presisi, alhamdulillah, sangat efektif,” ujar Kapolres.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement