Ahad 04 Jun 2023 15:30 WIB

Serangga Lembing Beterbangan di Indramayu, Ganggu Pengguna Jalan

Sejumlah pengendara motor dikabarkan terjatuh akibat gangguan serangga lembing.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Pengendara motor terjatuh dikabarkan akibat gangguan serangga lembing di ruas jalan Terisi-Cikedung, Desa Karangasem, Kecamatan Terisi, Kabupaten
Foto: Dok Republika
Pengendara motor terjatuh dikabarkan akibat gangguan serangga lembing di ruas jalan Terisi-Cikedung, Desa Karangasem, Kecamatan Terisi, Kabupaten

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Banyaknya serangga lembing menjadi gangguan bagi pengguna motor yang melintasi ruas jalan Terisi-Cikedung, Desa Karangasem, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dikabarkan ada pengendara motor yang terjatuh akibat lembing beterbangan atau menumpuk di jalanan.

Lembing merupakan serangga yang dikenal dengan bau khasnya yang menyengat. Karena banyaknya lembing yang beterbangan, jarak pandang atau konsentrasi pengguna motor bisa terganggu.

Banyaknya lembing yang menumpuk di permukaan jalan juga membuat jalanan menjadi licin.

Salah satu pengendara motor, Jali, mengaku terjatuh akibat gangguan serangga lembing saat melewati ruas jalan Terisi-Cikedung pada Sabtu (3/6/2023) malam. 

“Banyak sekali lembing yang beterbangan, enggak bisa dihindari. Menyetir jadi tidak fokus. Jalanannya juga licin karena banyak tumpukan lembing di jalanan,” ujar Jali, Ahad (4/6/2023).

Warga yang mengetahui ada pengendara motor terjatuh berupaya membantu. Apalagi bukan hanya satu pengguna kendaraan yang terjatuh di ruas jalan tersebut.

“Sudah puluhan pengendara motor yang terjatuh, kasihan. Kalau malam lembing memang banyak banget,” ujar seorang warga setempat, Ambrin Sudarsa.

 

photo
Pengendara motor terjatuh akibat gangguan serangga lembing di ruas jalan Terisi-Cikedung, Desa Karangasem, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Sabtu (4/6/2023) malam. - (Dok Republika)

 

Serangga lembing disebut kerap muncul di wilayah permukiman ataupun saat area persawahan terairi. Serangga tersebut biasanya mendekati cahaya lampu dan mengerumuninya.

Ambrin mengatakan, warga setempat tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengusir serangga lembing itu.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement