Ahad 16 Apr 2023 17:08 WIB

Dukung Pemudik Mobil Listrik, SPKLU Ultra Fast Charging Disiapkan di Jabar

SPKLU ultra fast charging tersebar di sebelas lokasi wilayah Jabar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
(ILUSTRASI) Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat (Jabar) menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ultra fast charging. SPKLU tersebut disiapkan di sebelas titik untuk mendukung pemudik yang menggunakan mobil listrik.

Menurut General Manager PLN UID Jabar Susiana Mutia, SPKLU ultra fast charging memiliki kemampuan pengisian daya baterai mobil listrik lebih cepat dari biasanya. 

Sebelas SPKLU ultra fast charging yang sudah disiapkan berkapasitas 200 kilowatt (kW). Susiana mengatakan, dengan sistem ultra fast charging, pengisian daya hanya sekitar 25 menit hingga baterai terisi penuh.

SPKLU ultra fast charging di wilayah Jabar ini tersebar di delapan lokasi rest area jalan tol, jalur lintas Garut, pusat Kota Bandung dan Kota Bogor.

Lokasinya di rest area kilometer (Km) 57 A Jakarta Cikampek, Km 62 B Jakarta Cikampek, Km 130 A Cipali, Km 101 B Cipali, Km 228 A Kanci Pejagan, Km 229 B Kanci Pejagan, Km 88 A Cipularang, dan rest area Km 88 B Cipularang.

Selain itu, di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bogor, Kantor PLN KP Limbangan, serta di PLN Braga Heritage Bandung. Lokasi SPKLU ini dapat dilihat juga lewat aplikasi PLN Mobile.

Susiana mengatakan, pembangunan 11 SPKLU ultra fast charging itu menambah fasilitas pengisian daya baterai kendaraan listrik di wilayah PLN UID Jabar, yang sebelumnya sudah ada 109 SPKLU.

SPKLU tersebut, antara lain berada di 92 kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) se-Jawa Barat. Selain itu, di kantor PLN UP3, Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, rest area 207 A dan 208 B, Istana Bogor, Gedung Sate Bandung, dan di jalur lintas selatan Banjar.

“Kami berharap ketersediaan SPKLU fast charging ini dapat memudahkan pemudik dalam merencanakan perjalanan dan semakin nyaman menggunakan kendaraan listrik. Untuk masyarakat yang berkunjung ke Jawa Barat dengan kendaraan listrik pun tak perlu khawatir karena sudah tersedia SPKLU dari Sukabumi sampai Pangandaran,” ujar Susiana, Ahad (16/4/2023).

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Jabar Agus Didik Suseno mengapresiasi upaya jajaran PLN yang membangun SPKLU untuk pelayanan terhadap masyarakat, khususnya pada masa arus mudik Lebaran ini.

“Kami siap membantu memublikasikan kesiapan SPKLU di jalur mudik, sehingga pengguna kendaraan listrik yang jumlahnya semakin banyak dapat memanfaatkan fasilitas tersebut,” ujar Agus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement