Jumat 07 Apr 2023 08:43 WIB

Karya Desainer Grafis Malang Tembus Lima Besar Nominasi Logo IKN

Gambar desain rancangannya bersama tim mengambil konsep tridaya.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Desainer grafis asal Kota Malang, Dimas Fakhrudin, yang karyanya masuk lima besar nominasi logo IKN.
Desainer grafis asal Kota Malang, Dimas Fakhrudin, yang karyanya masuk lima besar nominasi logo IKN.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Informasi membanggakan hadir dari Kota Malang, Jawa Timur, yang dianggap semakin diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi kreatif baru di kancah nasional.  Terkini, karya desainer grafis Malang berhasil menembus lima besar nominasi logo Ibu Kota Nusantara (IKN) dari sekitar 500 karya se-Indonesia.

Desainer grafis yang dimaksud antara lain Dimas Fakhrudin. Dia diketahui sebagai pendiri Yumakiso Studio sekaligus akademisi Universitas Brawijaya (UB). Dimas merupakan sosok di balik logo yang mengusung filosofi semangat nusantara sebagai kota dunia berintegritas dan berdaya saing.

Ia mengaku bersyukur dan bangga, bahkan tidak menyangka dapat lolos hingga lima besar. "Kebanggaan tersendiri tentunya bisa ikut andil dalam merancang identitas Ibu Kota Nusantara," katanya.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Malang tersebut memaparkan, desain rancangannya bersama tim mengambil konsep tridaya sebagai ilustrasi fase tumbuhnya IKN.

Sebagai pusat logonya yakni simbol bintang yang merepresentasikan Pancasila sebagai fondasi IKN yang diharapkan dapat menjadi ruang bersama semua warga negara Indonesia.

Dimas sengaja memilih bentuk sirkular sebagai representasi pergerakan kolektif masyarakat Indonesia. Logo ini diharapkan mewakili harmoni dalam kemajuan peradaban Indonesia.

Proses kreatifnya diakui Dimas tidaklah mudah dan sangat menantang. Dia butuh waktu hampir dua bulan hingga benar-benar dianggap matang dan lahir identitas visual/logo yang tetap relevan hingga 20 tahun mendatang.

Diharapkan proses voting publik ini salah satu bukti nyata bahwa masyrakat bisa berpartisipasi dalam kebijakan pemerintah. Dari sisi desainer grafis, ini dianggap hal yang positif karena terkait bagaimana masyarakat bisa memberikan kontribusi nyata terhadap negara.

"Selebihnya, ini bukan masalah terpilih/tidak atau menang/kalah, yang terpenting adalah mau, mampu, dan berani mengambil kesempatan, terus belajar, dan memberikan semaksimal mungkin apa yang kami bisa," kata Dimas yang juga andil mengawal proses perancangan logo HUT ke-109 Kota Malang.

Terpisah, Wali Kota Sutiaji mengaku sangat bangga mendengar kabar baik tersebut.  Menurut dia, ini menambah semangat Pemkot Malang untuk terus menguatkan daya saing ekonomi kreatif Kota Malang lewat aktivasi Malang Creative Center (MCC) dan berbagai fasilitasi program lainnya.

Voting bagi nominasi logo IKN dapat diikuti pada laman situs https://ikn.go.id/pilihlogonusantara pada periode 4 April sampai dengan 20 Mei 2023.  Disebutkan pula warga masyarakat yang mengikuti voting berkesempatan meraih doorprize 10 motor listrik bertandatangan Presiden Joko Widodo.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement