Rabu 29 Mar 2023 14:48 WIB

Diguncang Gempa 4.0, Warga Cianjur Sempat Panik

Pusat gempa di 6 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur dengan kedalaman 10 kilometer

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Ilustrasi Gempa
Foto: Pixabay
Ilustrasi Gempa

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Sejumlah warga Kabupaten Cianjur dan Sukabumi merasakan guncangan gempa magnitudo 4.0 pada Rabu (29/3/2023) siang. Di mana gempa yang berpusat di Cianjur ini cukup mengagetkan warga yang tengah beraktivitas.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 12.34 WIB. Lokasi gempa berada pada 6.84 LS, 107.08 BT dan pusat gempa di 6 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur dengan kedalaman 10 kilometer.

''Getaran gempanya terasa kuat,'' ujar Ketua RT 05 RW 10, Perumahan Prima Nagrak Nusantara, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Angga Purwanda, Rabu (29/3/2023). 

Karenanya, dia bersama keluarganya sempat panik dan berlari ke luar rumah. Apalagi, pada saat gempa terjadi, anaknya sedang kerja kelompok bersama dengan temen-temannya. "Mereka pun ikut lari ke luar rumah karena kerasnya guncangan gempa," ujarnya.

Menurut Angga, gempa ini bersamaan dengan turunnya hujan di wilayah Cianjur. Namun, dari pantauannya belum ada kerusakan yang terjadi di sekitar rumahnya.

Di tempat terpisah, guncangan gempa juga dirasakan warga Sukabumi. ''Guncangan cukup kencang terasa,'' ujar salah seorang warga Cikole, Kota Sukabumi, Ikbal (23). 

Dia sempat keluar dari ruangan tempat bekerjanya. Dan beruntung, kata dia, gempa hanya berlangsung singkat dan tidak menyebabkan kerusakan. Sehingga, dia kembali ke ruangannya melanjutkan pekerjaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement