Selasa 21 Mar 2023 07:47 WIB

Longsor di Kawasan Curug Cilember Bogor, Dua PKL Meninggal

Longsor tebing di sekitar area parkir Curug Cilember dipicu hujan intensitas tinggi.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
Curug Cilember
Foto: Bustomi
Curug Cilember

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Longsor yang terjadi di area parkir kawasan wisata Curug Cilember, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengakibatkan dua warga meninggal dunia. Dua orang yang tertimpa longsor itu merupakan pedagang kaki lima (PKL).

Menurut Penata Penanggulangan Bencana Muda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Adam Hamdani, longsor terjadi pada Senin (20/3/2023), sekitar pukul 12.30 WIB. “Itu menimpa dua orang yang berjualan aci telor (cilor) dan dadar telur. Pedagang lagi neduh,” ujar Adam, Selasa (21/3/2023).

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin, mengatakan, pedagang yang meninggal dunia akibat tertimpa longsor itu berinisial B (32 tahun) dan P (30). Keduanya tertimpa longsoran tebing di atas area parkir.

“Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan tebingan parkir Curug Cilember longsor, dengan ukuran tinggi delapan meter, lebar dua meter, dan panjang 1,5 meter,” kata Jalaludin.

Kepala Polsek (Kapolsek) Megamendung AKP Eddy Santosa mengatakan, dua pedagang yang meninggal dunia akibat tertimpa longsoran itu biasanya berjualan di luar area wisata. Karena kondisi hujan, kata dia, keduanya berteduh di sebuah warung kosong.

Menurut Kapolsek, tiba-tiba terjadi tanah longsor yang menimpa kedua pedagang tersebut. Korban kemudian dievakuasi oleh masyarakat dan dibawa ke Rumah Sakit Paru Goenawan (RSPG) Cisarua. “Pihak keluarga korban telah diberitahukan dan menerima bahwa ini sebuah ujian cobaan,” ujar Kapolsek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement