Kamis 09 Mar 2023 20:40 WIB

Jelajah Masjid Nusantara 4, Ungkap Realitas Bangun Masjid di Pelosok

JMN Season 4 memuat perjalanan dan pembangunan masjid di delapan lokasi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Masjid Nusantara meluncurkan tayangan
Foto: Republika/Arie Lukihardianti
Masjid Nusantara meluncurkan tayangan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Masjid Nusantara meluncurkan tayangan “Jelajah Masjid Nusantara” (JMN) Season 4, Kamis (9/3/2023). JMN ke-4 ini memuat perjalanan dan pembangunan masjid di delapan lokasi.

JMN merupakan tayangan dokumenter tentang perjalanan tim Masjid Nusantara mengawal pembangunan masjid di berbagai pelosok Indonesia. Tayangan ini sudah berjalan sejak 2020 dan saat ini sudah musim ke-4.

Melalui tayangan JMN, Masjid Nusantara memperlihatkan bagaimana realitas masjid di kawasan pelosok dan upaya untuk pembangunannya jika mengalami kerusakan.

“Bagi sebagian orang, banyaknya jumlah jamaah masjid di pelosok itu diasumsikan memudahkan pengumpulan dana untuk pembangunan masjid. Padahal, realitasnya ekonomi masyarakat di sana masih memprihatinkan dan perlu dibantu. Sehingga, kalau masjid mereka rusak, kesulitan untuk memperbaikinya,” ujar Direktur Masjid Nusantara, Pras Purworo, saat peluncuran JMN Season 4 di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Pras mengatakan, melalui tayangan JMN, Masjid Nusantara ingin memperlihatkan berbagai realitas di kawasan pelosok. Seperti kondisi masjid, akses jalan, jarak yang harus warga tempuh untuk menuju masjid ataupun pusat-pusat ekonomi.

Begitu juga kondisi warga, mata pencarian, sampai penghasilan warga dhuafa di pelosok. 

“Harapan kami, banyak masyarakat mengetahui kondisi pelosok Indonesia seperti apa. Bukan hanya kekurangannya, tapi justru dalam potensinya, dalam keindahan alamnya, semangat gotong-royongnya, keberagaman budayanya, bahkan toleransi antarumat beragamanya,” kata Pras.

JMN Season 4 menayangkan perjalanan dan pembangunan masjid di delapan lokasi. Di antaranya Masjid Al-Barokah (Garut, Jawa Barat), Masjid An-Nur (Majene, Sulawesi Barat), Masjid Al-Ikhlas (Konawe Utara, Sulawesi Tenggara), dan Masjid Nurul Babussalam (Luwu, Sulawesi Selatan).

Selain itu, Masjid Al-Munawarah (Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur), Masjid Jibal Nur (Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat), Masjid Al-Quba (Seram Bagian Timur, Maluku), serta Masjid Al-Hasanah (Banggai Laut, Sulawesi Tengah).

Dari JMN Season 1 sampai 4, ada 22 masjid yang dibangun. Adapun secara keseluruhan Masjid Nusantara sudah membantu pembangunan 181 masjid.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement