Sabtu 04 Mar 2023 18:59 WIB

Lapas Bogor Amankan Pria Mencurigakan, Diduga Bawa Barang Terlarang

Pria mencurigakan tersebut dilaporkan mendekati gerobak sampah Lapas Bogor.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Petugas lembaga pemasyarakatan (lapas).
Foto: Humas Lapas Paledang
(ILUSTRASI) Petugas lembaga pemasyarakatan (lapas).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bogor, Jawa Barat, mengamankan seorang pria dengan gerak-gerik mencurigakan. Diduga pria tersebut berupaya menyelundupkan barang terlarang ke area lapas.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Kepala Lapas Kelas IIA Bogor Didi Suryadi, pria tersebut diketahui berada di sekitar tempat pembuangan sampah di luar Lapas Bogor. Staf Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), yang sedang melaksanakan kegiatan rutin pembuangan sampah, mencurigai gerak-gerik pria tersebut.

Diduga pria tersebut membawa barang terlarang jenis tembakau atau ganja sintetis. “Gerak-gerik seorang pria ini sangat mencurigakan. Sesuai keterangan saksi, awalnya mendekati gerobak, dengan tingkahnya yang gelisah, maka petugas kami spontan sigap mendekati dan bertanya. Benar saja, Pak Edi (staf KPLP) menemukan barang terlarang tersebut dibungkus dalam kemasan hitam,” kata Didi, Sabtu (4/3/2023).

Staf KPLP, Edi Kusdianto, menjelaskan, pria tersebut diduga hendak menempelkan bungkusan hitam pada gerobak sampah yang biasa digunakan untuk membuang sampah dari Lapas Bogor.

“Setelah saya terus amati, pria tersebut gelisah, dan langsung saya ambil tindakan bertanya. Selanjutnya saya periksa dan geledah barang yang dia bawa. Ternyata benar, sesuai pengamatan saya, ada barang terlarang, yang saya duga seperti tembakau sintetis,” kata Edi.

Pihak Lapas Bogor langsung berkoordinasi dengan Polresta Bogor Kota untuk mengamankan pria tersebut, berikut barang yang dibawanya untuk diperiksa lebih lanjut.

Kepala Unit Satuan Reserse Narkoba Polresta Bogor Kota AKP Elvin mengatakan, polisi akan melakukan pemeriksaan. Adapun barang yang diamankan dari pria tersebut akan diperiksa di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) untuk memastikannya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Lapas Bogor atas kerja kerasnya dalam berkomitmen memberantas peredaran narkoba di lingkungan Lapas,” kata Elvin.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement