Rabu 11 Jan 2023 23:45 WIB

Kemenag Pekalongan Siap Berangkatkan 302 Calon Jamaah Haji

Kemenag Pekalongan belum melakukan sosialisasi dengan KBIH.

Kemenag Pekalongan Siap Berangkatkan 302 Calon Jamaah Haji
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Kemenag Pekalongan Siap Berangkatkan 302 Calon Jamaah Haji

IHRAM.CO.ID, PEKALONGAN -- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan, Jawa Tengah siap memberangkatkan sebanyak 302 jamaah calon jamaah haji (calhaj) pada 2023.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Pekalongan Mundakir mengatakan saat ini belum melakukan sosialisasi dengan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) karena masih menunggu nama-nama calhaj yang terdaftar pada nomor kursi dan urutan pemberangkatan.

Baca Juga

"Alhamdulillah, pada tahun ini kita bisa memberangkatkan 302 calon haji ke Tanah Suci Makkah setelah pada tahun sebelumnya kuota haji dibatasi," katanya, Rabu (11/1/2023).

Menurut dia, pada tahun sebelumnya, kuota haji asal Kota Pekalongan hanya bisa memberangkatkan 151 calhaj atau 50 persen dibanding pada tahun ini sebanyak 302 orang. "Ini artinya kuota haji Kota Pekalongan pada 2023 sudah bisa kembali 100 persen dibanding ketika sebelum pandemi Covid-19," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan penandatanganan kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 Hijriyah oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah di Jeddah, Ahad (8/1/2023), Pemerintah Indonesia mendapatkan kuota sebanyak 221 ribu jamaah.

Mundakir mengatakan Jawa Tengah mendapat kuota 29.008 orang dan Kota Pekalongan mendapat 302 calon haji. Kuota tersebut diprioritaskan bagi calon haji yang sudah mendapatkan nomor kursi karena pada saat ini tidak ada batasan usia seperti tahun sebelumnya yang diperuntukkan usia di bawah 65 tahun.

Syarat lainnya masih sama, yaitu wajib melakukan vaksinasi meningitis, penguat (booster), dan terpenuhi istitha'ah kesehatan calon haji sebelum pemberangkatan ke Tanah Suci Makkah.

"Kami mengajak calon haji bisa menjaga kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi, berolahraga, tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker. Demikian juga jaga nama baik daerah dan negara," kata Mundakir.

Baca juga: Ustadz Fahmi Salim Jelaskan Pegunungan Makkah Menghijau Jadi Tanda Kiamat

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement