Rabu 11 Jan 2023 16:17 WIB

Layanan KB Gratis Kini Dapat Diakses di 69 Fasyankes Yogyakarta

Masyarakat diminta untuk memanfaatkan layanan tersebut.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah calon akseptor mengisi kartu peserta pelayanan KB gratis di puskesmas (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Fauzan
Sejumlah calon akseptor mengisi kartu peserta pelayanan KB gratis di puskesmas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memberikan layanan Program Keluarga Berencana (KB) gratis kepada masyarakat. Masyarakat dapat mengakses layanan KB gratis di 69 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Kota Yogyakarta.

Layanan KB gratis ini didukung dengan Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional BKKBN. Untuk itu, masyarakat diminta untuk memanfaatkan layanan tersebut.

"Kami sudah kerja sama dengan 69 fasyankes, baik itu puskesmas, rumah sakit daerah, rumah sakit swasta, dan klinik," kata Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta, Herristanti.

Ia mengatakan, di 2022 ada 1.575 peserta yang mengakses layanan KB dari BOKB Yogyakarta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.226 peserta mengakses KB IUD, 295 peserta mengakses implan, lima peserta mengakses MOP, dan 56 peserta mengakses MOW.

Selain pemasangan KB baru, lanjut Herristanti, untuk bongkar dan gan ti cara juga bisa dilayani di fasyankes yang sudah bekerja sama dengan Pemkot Yogyakarta.

"Tapi memang tidak setiap fasyankes memiliki semua jenis metode KB. Jadi masyarakat bisa pilih fasyankes sesuai jenis MKJP yang diambil," tambahnya.

Dijelaskan, untuk layanan KB gratis menggunakan BOKB, diutamakan untuk warga yang ber-KTP Kota Yogyakarta dan berdomisili di Kota Yogyakarta. Meski begitu, katanya, juga tidak menutup kemungkinan untuk dapat diakses oleh warga dari luar Kota Yogyakarta.

"Untuk layanan KB itu bisa diakses secara reguler dari kepesertaan JKN. Sementara dari Pemkot (Yogya) itu layanannya menggunakan BOKB, yang bisa diakses secara gratis," ujar dia.

Selain memberikan layanan KB gratis, pemkot juga memfasilitasi warga untuk layanan pemulihan bagi istri sebesar Rp 700 ribu dan dana pengganti biaya hidup untuk suami Rp 300 ribu. Anggaran untuk layanan ini diambilkan dari dana APBD Kota Yogyakarta.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement