Selasa 06 Dec 2022 12:28 WIB

Kota Palembang Siap Jadi Kota Tujuan Wisata Olah Raga

Pemerintah pusat mencanangkan Kota Palembang sebagai tujuan wisata olah raga.

Foto aerial Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang diperuntukkan untuk venue Piala Dunia U-20 2023 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (15/3/2022).
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Foto aerial Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang diperuntukkan untuk venue Piala Dunia U-20 2023 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (15/3/2022).

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan akan terus berupaya mengusung konsep pemerintah pusat yang telah mencanangkan Kota Palembang sebagai kota tujuan olah raga wisata atau sport tourism city.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Palembang Isnaini Madani, di Palembang, Senin, mengatakan dengan pencanangan itu Kota Palembang akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan olah raga, baik berskala nasional maupun internasional.

Baca Juga

"Namun, untuk mengarah peningkatan kualitas dan kuantitas event olah raga tetap menyesuaikan anggaran Pemkot Palembang," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan olah raga untuk mendukung Palembang sebagai kota tujuan wisata olah raga akan terus ditingkatkan, seiring dengan makin melandainya pandemi Covid-19. Kota Palembang juga akan terus mengusung konsep kota MICE (Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition).

"Artinya dengan dua konsep ini bagi Kota Palembang akan terus diusung, karena dampaknya cukup baik bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat, misalnya hotel-hotel akan terisi, produk-produk UMKM pun akan berkembang, karena para wisatawan membutuhkan oleh-oleh khas Palembang," ujarnya.

Pemerintah pusat mencanangkan Kota Palembang sebagai tujuan wisata olah raga dan MICE serta memenuhi persyaratan dan pengalaman menggelar ajanginternasional seperti SEA Games, Islamic Soladarity Games (ISG), Asian Games, dan kejuaraan-kejuaraan berskala nasional dan internasional lainnya.

Bahkan pertengahan tahun 2022 ini Sumsel (Palembang) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-VI 2022 Sumatera Selatan yang dihadiri 11 ribu peserta dari seluruh Indonesia.

Kegiatan itu terlaksana karena Kota Palembang memiliki sarana dan prasarana olahraga bertaraf internasional seperti Jakabaring Sport City (JSC) yang memiliki kawasan ratusan hektare dan venue olahraga seperti Stadion Gelora Sriwijaya, lapangan menembak, arena dayung, aquatik, lapangan voli pantai, tenis, dan sebagainya.

Apalagi, katanya, Palembang juga akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara sepak bola U-20 Piala Dunia 2022, yang akan membuat kota ini makin semarak dari berbagai ajang internasional.

"Pemkot Palembang sudah tentu mempersiapkan diri untuk itu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement