Jumat 13 May 2022 18:17 WIB

Ampuh Minta Pemerintah Segera Selesaikan Persiapan Haji Khusus

Persiapan haji khusus diminta dirampungkan.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Ampuh Minta Pemerintah Segera Selesaikan Persiapan Haji Khusus. Foto: Kegiatan umroh dan haji tutup total. Ilustrasi
Foto: Amr Nabil/AP
Ampuh Minta Pemerintah Segera Selesaikan Persiapan Haji Khusus. Foto: Kegiatan umroh dan haji tutup total. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umroh Haji (Ampuh) berharap pemerintah segera selesaikan persiapan penyelanggaraan haji khusus. Karena waktu keberangkatan jamaah haji sudah semakin dekat.

"Pelaksanaan haji khusus tahun ini sudah semakin dekat, sementara banyak sekali hal-hal terkait penyelenggaraan haji khusus ini yang harus segera diselesaikan," kata Sekjen Ampuh Tri Winarto saat dihubungi Republika, Jumat (13/5/2022). 

Baca Juga

Tri mengapresiasi upaya Kemenag yang terus berkoordinasi dengan asosiasi penyelenggara umroh dan haji khusus. Koordinasi ini penting untuk mempercepat penyelesaian persiapan haji 2022.

"Kemarin telah diadakan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Dir Bina Umroh Haji Khusus Ditjen PHU Kementerian Agama bersama PIHK dan asosiasi Haji dan umrah," katanya.

Tri menyampaikan, ada beberapa hal yang telah disepakati akan dikerjakan Kemenag dari kegiatan rapat koordinasi tersebut. Pertama akan egera diterbitkannya pedoman pelunasan haji khusus.

"Termasuk tahapan-tahapan pelunasan penggabungan jamaah, pelimpahan nomor porsi petugas Haji dan dokumen-dokumen lain," katanya.

Kedua Kementerian Agama akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik, dan maksimal kepada jamaah haji khusus dan PIHK. Ketiga Kementerian Agama akan berkoordinasi dengan BPKH terkait pengembalian dana haji khusus bersama nilai manfaatnya.

"Kemudian Kemenag juga akan memfasilitasi jika diperlukan untuk pertemuan-pertemuan antara asosiasi dan muassasah terkait kontrak-kontrak layanan haji khusus," katanya.

Pada rapat koordinasi itu juga bahwa kantor urusan haji (KUH) akan segera mengupayakan agar user ID jama haji segera bisa diterbitkan dalam waktu dekat. Hal ini ntuk mempercepat proses memasukan data haji. 

"Demikian update terkini terkait dengan kegiatan Haji Tahun 2022," katanya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement