Rabu 15 Dec 2021 20:58 WIB

DIY Mulai Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Pekan Ini

Ketersediaan vaksinasi untuk anak juga mencukupi untuk penyuntikan dosis kedua.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
DIY Mulai Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Pekan Ini (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
DIY Mulai Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Pekan Ini (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun pekan ini. Vaksinasi anak ini akan diawali dengan kick off pada Sabtu (18/12).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembayun Setyaningastutie kick off ini akan dilakukan bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Ditargetkan seribu anak usia 6-11 tahun yang akan divaksin untuk mengawali pelaksanaan vaksinasi di DIY.

Baca Juga

"Usia 6-11 tahun termasuk kelompok rentan dan harus mendapatkan perhatian kita semua, seperti halnya lansia. Vaksin Covid-19 (untuk anak usia 6-11 tahun) juga dua kali (dosis) dengan rentang 28 hari, kita pakai Sinovac," kata Pembayun di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (15/12).

Setelah kick off, pelaksanaan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun akan diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-DIY. Pembayun menuturkan, ketersediaan vaksinasi untuk anak ini juga mencukupi, bahkan hingga penyuntikan dosis kedua.

"Setelah kick off, vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan jalan di sekolah-sekolah," ujarnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi anak tidak akan mengurangi percepatan vaksinasi lansia maupun vaksinasi untuk masyarakat umum di DIY. Percepatan vaksinasi masih terus dilakukan hingga saat ini.

"Vaksinasi yang lain tetap jalan, bebannya teman-teman puskesmas tentu juga makin banyak. Tidak hanya vaksinasi, tapi tetap tracing juga. Wilayah-wilayah (di DIY) yang belum selesai vaksinasinya untuk lansia dan warga (masyarakat umum) tetap dikejar," jelas Pembayun.

Dimulainya vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini dikarenakan capaian vaksinasi di DIY yang sudah sangat tinggi. Untuk vaksinasi dosis pertama, kata Pembayun, sudah mencapai 97,53 persen.

Sedangkan, capaian vaksinasi untuk dosis kedua sudah di angka 86,80 persen. Sementara, Kementerian Kesehatan sudah menyebutkan bahwa syarat bagi pemerintah daerah untuk dapat memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun yakni salah satunya sudah mencapai vaksinasi setidaknya 70 persen untuk dosis pertama.

"Cakupan vaksinasi Pemda DIY luar biasa, sehingga kita bisa melakukan vaksinasi untuk anak di semua kabupaten/kota. Menindaklanjuti Inmendagri dan Keputusan Menteri Kesehatan, maka (vaksinasi anak) di DIY insya Allah akan dilaksanakan pekan ini," kata Pembayun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement