Kamis 19 Aug 2021 19:48 WIB

Kini Publik Bisa Akses Stok Vaksin Covid-19

Masyarakat bisa melihat langsung stok dan distribusi vaksin di wilayahnya.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ilham Tirta
Stok vaksin (ilustrasi).
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Stok vaksin (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kini masyarakat bisa mengakses ketersediaan vaksin Covid-19 di laman website internet. Publik bisa membuka tautan https://vaksin.kemkes.go.id/#/alokasi_vaksin dan bisa memperoleh informasi stok vaksin setiap harinya.

Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Setiaji mengatakan, sebenarnya alamat website ini sudah ada sejak beberapa bulan lalu untuk menginformasikan cakupan imunisasi Covid-19. "Kemudian saat ini masyarakat bisa langsung masuk ke stok vaksin. Informasi ketersediaan kami perbarui sehari sekali setiap pukul 17.00 WIB yang berisikan informasi ketersediaan vaksin, termasuk penerimaan yang disampaikan di masing-masing kabupaten/kota," ujarnya saat konferensi virtual Kemenkes, Kamis (19/8).

Di situs ini, dia menambahkan, juga berisikan mengenai kecepatan vaksin selama sepekan. Website ini juga disediakan dalam bentuk visualisasi peta supaya masyarakat bisa mengetahui stok vaksin dengan cepat.

"Dengan adanya informasi ini bisa jadi alat perencanaan dan monitoring publik terkait ketersediaan vaksin di provinsi maupun kabupaten/kota," katanya.

Ketika melihat level kabupaten/kota, maka masyarakat bisa melihat distribusi berisikan informasi yang sudah disalurkan ke masing-masing kabupaten/kota, termasuk provinsi. 

Ia menegaskan, informasi ini bersifat publik, tidak ada log in atau user id yang diperlukan. "Kemudian di bawah ada disclaimer terkait informasi ini bahwa data ini bersifat dinamis dan diupdate sehari sekali," katanya.

Di kesempatan yang sama, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi menambahkan, Dashboard vaksin Kemenkes telah diperbarui, sehingga pengguna dimudahkan untuk memantau estimasi ketersediaan stok vaksin dan update data jumlah vaksin berdasarkan wilayah dengan satuan terkecil adalah kabupaten/kota. "Dashboard stok vaksin ini merupakan inisiatif Kemenkes untuk mendorong transparansi data vaksinasi. Selain itu juga agar masyarakat mudah mendapatkan akses vaksin," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement