Senin 09 Aug 2021 21:37 WIB

Sana'a Salah Satu Kota Tertua di Dunia

Dari legenda terkenal setempat, Sana'a didirikan oleh Shem, anak Nabi Nuh AS.

Kota Tua Sanaa
Foto: Wikipedia
Kota Tua Sanaa

IHRAM.CO.ID, Sana'a adalah salah satu kota tertua di dunia. Dari legenda terkenal setempat, Sana'a didirikan oleh Shem, anak Nabi Nuh AS. Di  masa kuno, Sana'a dikenal dengan nama Azal yang  merujuk ada Uzal, cicit Shem. Azal sendiri merupakan turunan dari kata Bahasa Arab Selatan yang artinya dibentengi dengan baik. Arti nama itu kemudian menggema  hingga ke Ethiopia dan di sana kota ini dikenal dengan Auzalities yang muncul pada abad keenam Masehi.

Sejarawan Arab, al-Hamdani menulis, karena posisinya strategis, Sana'a jadi pusat urban bagi suku- suku sekitar dan jadi inti aktivitas perdagangan di selatan  Jazirah Arab. Sana'a juga merupakan persimpangan dua jalur perdagangan kuno yang menghubungkan Maghribi di timur dengan Laut Merah di barat. Saat penguasa terakhir Kerajaan Himyarite, Raja Yousef Athar (atau Dzu Nuwas) berkuasa, Sana'a juga merupakan bagian ibu kota Ethiopia.

Baca Juga

photo
Peta Sanaa - (wikipedia)

 

Diketahui salinan Alquran tertua ditemukan di Sana'a pada 1972 M. Sejak kehadiran Islam hingga berdirinya subnegara mandiri di bawah Khalifah Islam Yaman, Sana'a tetap bertahan sebagai pusat pemerintahan.

Imam Syafi'i yang pada abad kedelapan membangun mazhab Syafi'i, sempat beberapa kali berkunjung ke Sana'a. Imam Syafi'i memuji Sana'a dan membuat tulisan berjudul La Budda Min Sana'a (Sana'a, Kota yang Harus Dilihat).

Pada abad kesembilan dan sepuluh, ahli geografi Yaman, al-Hamdani juga membuat catatan tentang Sana'a. ''Rumah paling sederhana di Sana'a memiliki satu dua sumur, sebuah taman, penampungan sampah terpisah, septic tank, tak ada bau tercium. Sebuah tempat yang nyaman untuk berjalan-jalan,'' tulis al-Hamadi.

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement