Jumat 29 Jan 2021 09:55 WIB

Erdogan: Hentikan Islamofobia dan Rasisme di Dunia DIgital

Erdogan serukan Islamofobia dan Xenopobia di Dunia DIgital harus dihentikan

Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kantor Pers Presiden Turki menunjukkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (C) melakukan doa Jumat pertama selama upacara pembukaan resmi Hagia Sophia sebagai sebuah masjid di Istanbul, Turki, 24 Juli 2020.
Foto: EPA-EFE/TURKISH PRESIDENT
Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kantor Pers Presiden Turki menunjukkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (C) melakukan doa Jumat pertama selama upacara pembukaan resmi Hagia Sophia sebagai sebuah masjid di Istanbul, Turki, 24 Juli 2020.

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dunia harus tegas menyerukan agar Islamofobia dan xenofobia yang telah berkembang biak dalam beberapa tahun terakhir melalui penggunaan platform digital segera dihentikan.

Pernyataan Erdogan disampaikan dalam pesan video yang dirilis pada Hari Peringatan Holocaust Internasional, Selasa.

“Masyarakat Internasional harus mengambil tindakan agar tragedi seperti Holocaust, Bosnia, Rwanda, dan Kamboja tidak terulang kembali,” ujar dia seperti dilansir Anadolu Agency.

Erdogan mengatakan bahwa umat manusia sedang melalui masa yang sulit dan "virus rasisme" telah semakin meluas seiring dengan pandemi.

Dia menggarisbawahi bahwa ada peningkatan serius dalam tindak kekerasan di tempat ibadah, seperti masjid, sinagog dan gereja.

"Kejahatan kebencian terhadap beberapa segmen masyarakat dengan identitas etnis, agama, bahasa, dan penampilan yang berbeda telah meningkat dari hari ke hari," ungkap dia.

Erdogan mengatakan terorisme rasis telah berubah menjadi ancaman keamanan yang merusak perdamaian sosial dan keinginan masyarakat untuk hidup bersama.

"Tanda-tanda Holocaust, genosida Bosnia, Rwanda, dan Kamboja, di mana jutaan orang kehilangan nyawa, terbukti dengan diskriminasi sistematis, marginalisasi dan meningkatnya ujaran kebencian jauh sebelum pembantaian ini," ungkap dia.

Presiden menekankan bahwa semua genosida ini berfungsi sebagai pengingat bagi komunitas internasional untuk memerangi segala jenis diskriminasi dan mencegah kejahatan terhadap kemanusiaan.

"Ini jauh dari sekedar sikap moral yang harus diadopsi oleh setiap negara, tetapi juga kewajiban kontrak di bawah Konvensi PBB 1948 tentang pencegahan dan penghukuman kejahatan genosida," tambah dia.

Erdogan mengatakan bahwa setiap organisasi internasional, pemerintah, media, politisi, masyarakat sipil, kelompok agama dan pemimpin opini memiliki peran penting untuk dimainkan dalam konteks ini.

Turki telah melakukan berbagai upaya dalam hal ini di platform internasional, khususnya di Inisiatif Aliansi Peradaban.

"Begitu pula dengan kebijakan pintu terbuka yang kami terapkan, kami melindungi setiap orang yang berlindung di negara kami terlepas dari keyakinan, bahasa dan asal mereka," kata Erdogan.

“Pada kesempatan ini, saya dengan hormat mengenang para korban genosida dan berharap masa depan di mana segala macam diskriminasi akan berakhir dan kejahatan terhadap kemanusiaan tidak akan terulang,” pungkas dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement