Senin 01 Jan 2024 23:37 WIB

Warga Palembang Tumpah Ruah di Wisata Pantai Lampung  

Wisata pantai Lampung jadi destinasi warga Palembang

Rep: Mursalin Yasland / Red: Nashih Nashrullah
Pantai Minang Rua, Lampung. (ilustrasi). Wisata pantai Lampung jadi destinasi warga Palembang
Foto: Dok Kemenparekraf
Pantai Minang Rua, Lampung. (ilustrasi). Wisata pantai Lampung jadi destinasi warga Palembang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Warga Palembang, Sumatra Selatan, ramai mengunjungi destinasi wisata bahari seperti pantai dan pulau yang ada di Provinsi Lampung, Senin (1/1/2024). Kondisi ini terlihat dari ramainya kendaraan asal Palembang menuju tempat wisata dan kuliner kota Bandar Lampung.

Pemantauan di jalan menuju destinasi wisata pantai dan pulau di Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Pesawaran, arus kendaraan berpelat nomor polisi asal Sumsel BG mendominasi di jalanan. Meski demikian, pengunjung dari dari Jakarta, Bogor, dan Bandung juga ramai. 

Baca Juga

“Rata-rata pengunjung pantai dan pulau orang Palembang. Kalau dari Jawa Barat sedikit bisa dihitung jari,” kata Widodo (58 tahun), warga Bandar Lampung, Senin (1/1/2023). 

Menurut dia, banyaknya pengunjung wisata orang Palembang dan sekitarnya di Sumsel ke Lampung lantaran akses jalan sudah melewati Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). “Paling lama empat jam dari Palembang ke Lampung,” katanya. 

Heri (30 tahun), wisatawan dari Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, mengajak keluarganya berlibur menikmati pantai di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, pada libur tahun baru 2024. Dia dan keluarga besarnya membawa dua mobil berangkat pukul 03.00. 

Menurut dia, berangkat wisata ke Lampung pada dini hari untuk memperlancar arus kendaraan di jalan tol dan jalan dalam kota. “Kami sampai jam 7.00 di Lampung, lewat jalan tol,” ujar Heri, bapak satu anak ini. 

Dia mengatakan, berwisata ke Lampung lebih menarik dibandingkan ke Palembang. Hal ini dikarenakan di wilayah Sumsel tidak terdapat pantai atau laut untuk melepas lelah pada akhir tahun. “Kalau di Lampung banyak pantai,” ujarnya. 

Sedangkan warga dari Bogor juga menikmati liburan tahun baru 2024 di Lampung. Deni (35 tahun), berangkat bersama keluarga menemui familinya di Kota Bandar Lampung untuk berlibur di pantai kawasan Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. 

Menurut dia, kalau berlibur di pantai-pantai dekat Kota Bandar Lampung sudah sering dan biasa. Dia sekeluarga mencoba menikmati pemandangan pantai dan laut lepas di Pesisir Barat Lampung dengan menginap sehari. 

“Memang jauh lima jam dari Bandar Lampung, harus menginap kalau ke Krui, tapi lebih puas pemandangannya bagus dan indah,” kata Deni.  

Baca juga: Alquran Abadikan Tingkah Laku Yahudi yang Bodoh tapi Berlagak Pintar

Para pengunjung destinasi wisata tidak saja berkunjung ke pantai dan pulau, akan tetapi pengunjung lokal di Lampung dan sekitarnya banyak menghabiskan masa liburan tahun baru di taman wisata alam. Diantaranya, Lembah Hijau, Puncak Mas, Wira Garden, Taman Rusa, dan lainnya. 

Setelah berlibur di destinasi wisata bahari, para pengunjung biasanya membeli oleh-oleh khas Lampung. Sentra penjualan aneka keripik pisang di Jl Pagaralam, Gunung Terang menjadi incaran dan langganan pengunjung. Pada musim liburan, tampak mobil-mobil pribadi pelat nomor di luar Lampung memadati lahan parkir toko keripik pisang.  

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement