Kamis 07 Dec 2023 15:52 WIB

Jika Menang, Anies Ingin Bangun Kereta Double Track Lampung ke Palembang

Integrasi antarmoda transportasi kereta memang sangat penting dibangun di Lampung.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Erik Purnama Putra
Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Capres nomor urut satu, Anies Rasyid Baswedan, melakukan rangkaian kampanye di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Kamis (7/12/2023). Memaparkan rencana untuk Bandar Lampung di depan mahasiswa, Anies mengaku sudah memiliki gagasan ingin membangun kereta jalur ganda sampai ke ibu kota Sumatra Selatan.

"Nih kita persiapkan kereta double track, Bakauheni Tanjungkarang, Kertapati, Lampung-Palembang," kata Anies di hadapan mahasiswa/i Universitas Malahayati, Kota Bandarlampung, Kamis.

Baca Juga

Dia menilai, integrasi antarmoda transportasi kereta memang sangat penting dibangun di Bandar Lampung. Sehingga, aktivitas warga baik dalam kota maupun antarkota menjadi tersambungkan dengan jauh lebih efisien jika bepergian menggunakan kereta.

Jika pembangunan jalur ganda Bandar Lampung-Palembang terealisasi, sambung dia, dampaknya warga bisa lebih hemat BBM, hemat biaya, dan lebih tertib berlalu lintas. Anies merasa, jika warga naik kereta, bisa berbagi ruang karena antara si miskin dan kaya mendapat perlakuan setara dan duduknya sama.

 

Menurut Anies, suasana yang ada dalam kereta itu akan membangun pula rasa persatuan antarwarga. Dia menganggap, suasana seperti itu tidak bisa dihadirkan jalan tol yang cuma bisa dinikmati warga pemilik mobil. "Doakan tanggal keberangkatannya itu tiketnya untuk tanggal keberangkatan 17 Agustus 2025," ujar Anies saat menerangkan contoh tiket kereta di layar.

Anies mengungkapkan, mereka sudah memiliki rencana untuk membangunkan transportasi umum yang menjangkau seluruh wilayah di Bandar Lampung. Sehingga, warga bisa ke mana saja dengan biaya yang relatif murah.

Terkait itu, Anies mengaku, ingin mencontoh kesuksesan Jakarta dalam membangun transportasi umum yang mengintegrasikan wilayah sekitarnya. Bahkan, sambung dia, integrasi Jaklingko mampu memudahkan warga ke mana saja dengan biaya yang murah.

Anies berpendapat, transportasi umum penting dibangun karena pada 2045, penduduk Indonesia di perkotaan diperkirakan mencapai 75 persen. Karena itu, transportasi umum menjadi keharusan untuk menghadapi itu.

"Bayangkan kalau setiap orang menggunakan kendaraan pribadi, kemacetan, waktu yang terbuang karena kemacetan sangat besar," kata gubernur DKI periode 2017-2022 tersebut.

Sebelumnya, Anies memulai rangkaian kampanye di Bandar Lampung dengan dialog bersama peternak dan mahasiswa PKL peternak muda di PT Indo Prima Beef. Anies akan pula menghadiri Desak Anies yang diikuti kalangan anak muda di Bento Kopi pada Kamis malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement