Rabu 29 Nov 2023 07:26 WIB

Jokowi Lantik KSAD Baru Siang Ini, Letjen Maruli Simanjuntak Disebut Jadi Kandidat Kuat

Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta pada pukul 14.00 WIB.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Letjen Maruli Simanjuntak.
Foto: Republika.co.id
Letjen Maruli Simanjuntak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat yang baru pada Rabu (29/11/2023). Posisi KSAD sebelumnya kosong setelah Jenderal Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI. Pelantikan ini akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta pada pukul 14.00 WIB.

"Hari ini, tepatnya Rabu, 29 November 2023, pukul 14.00 WIB, dijadwalkan pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat oleh Presiden di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Baca Juga

Dari informasi yang dihimpun, Panglima Komando Strategis Cadangan Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak dikabarkan akan dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Agus Subiyanto.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR RI, Andi Najmi menyebut semua Jenderal bintang tiga di lingkungan Angkatan Darat memiliki peluang untuk menduduki posisi KSAD pengganti Jenderal Agus Subiyanto. Ia mengatakan, sepengetahuannya, ada lebih dari 15 nama yang saat ini menyandang bintang tiga.

 

"Saya mendukung statement Panglima TNI yang baru, bahwa semua (perwira) bintang tiga yang eligible (memenuhi syarat), bisa dinominasikan sebagai calon KSAD pengganti posisi yang ditinggalkan beliau," paparnya.

Di antara nama-nama yang ada termasuk Wakil KSAD eksisting Letjen TNI Arif Rahman yang juga berpeluang menduduki posisi KSAD. Tentu masih banyak nama lain, seperti Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Taruli Horja Tampubolon, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Letjen TNI Rudianto, dan masih banyak deretan nama bintang tiga lainnya.

"Memang yang menonjol dan sering dibicarakan publik adalah Letjen Maruli dan Letjen Suharyanto, tapi tidak menutup peluang Letjen TNI Arif Rahman jadi KSAD. Kita tunggu saja, siapa yang diusulkan oleh Panglima TNI untuk menduduki kursi KSAD nanti," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement