Ahad 05 Nov 2023 07:16 WIB

Aksi Bela Palestina akan Diselimuti dengan Cuaca Mendung Hingga Siang Hari

BMKG memprediksi wilayah di DKI Jakarta akan berawan hingga hujan ringan hari ini.

Rep: Antara/Ali Mansur/ Red: Nora Azizah
Cuaca berawan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, mewarnai aksi damai 'Bela Palestina', Ahad (5/11/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Cuaca berawan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, mewarnai aksi damai 'Bela Palestina', Ahad (5/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi damai 'Bela Palestina' digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Ahad (5/11/2023). Aksi ini akan diwarnai dengan cuaca berawan pagi ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman resmi memprakirakan wilayah DKI Jakarta akan berawan pada Ahad pagi. Kemudian pada siang hari sebagian wilayah DKI Jakarta, yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu akan tetap berawan. Sementara Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprakirakan hujan ringan.

Baca Juga

Beralih pada malam hari, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu akan tetap berawan. Sementara Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprakirakan hujan ringan.

Suhu udara di Jakarta diperkirakan berada pada kisaran minimum 25 derajat hingga 34 derajat Celcius. Kemudian tingkat kelembaban udara diperkirakan berada pada kisaran 65-95 persen.

 

Sementara, Polda Metro Jaya siap mengawal aksi damai 'Bela Palestina'. Sebanyak 3,448 personel gabungan terdiri dari Polri, TNI dan Pemprov DKI Jakarta baik dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, hingga Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk mengawal jalannya aksi tersebut. 

Ribuan personel gabungan tersebut meliputi 2.774 personel dari Polda Metro Jaya dan Polres. Kemudian sebanyak 500 personel dari unsur TNI dan Pemda DKI sebanyak 98 personel. Rencananya aksi solidaritas kemanusian tersebut dimulai pukul 05.30 WIB dan akan ada orasi dari para tokoh lintas agama, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selain itu jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Setidaknya ada empat ruas jalan yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas imbas dari adanya aksi 'Bela Palestina'. Namun demikian rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersifat situasional.

"Rekayasa lalu lintas kita siapkan, tapi sifatnya situasional," kata Trunoyudo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement