Sabtu 04 Nov 2023 18:52 WIB

JK Imbau Kotak Amal Masjid Disisihkan Satu Persen untuk Palestina

Pemerintah Provinsi Sumbar terus mengupayakan bantuan bagi warga Palestina.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Presiden RI Ke-10 dan 12 Muhammad Jusuf Kalla saat peresmian asrama Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, Sumatra Barat, Sabtu, (4/11/2023).
Foto: ANTARA/Muhammad Zulfikar.
Wakil Presiden RI Ke-10 dan 12 Muhammad Jusuf Kalla saat peresmian asrama Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, Sumatra Barat, Sabtu, (4/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), M Jusuf Kalla (JK) mengimbau seluruh masjid di Indonesia agar menyisihkan satu persen infaq di kotak amal untuk didonasikan kepada rakyat Palestina. Menurut JK, umat Islam Indonesia harus bersama-sama membantu perjuangan rakyat Palestina melawan Zionis Israel.

"Kita semua bersama sama membantu Gaza. Kita di menghimbau kepada seluruh masjid di Indonesia untuk menyisihkan satu persen dari hasil kotak amal setiap satu bulan sekali untuk disumbangkan kepada masyarakat Palestina," kata JK di Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatra Barat, Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga

JK menyebut, upaya meringankan beban saudara kita di Palestina adalah tanggung jawab kita semua, tidak hanya Palang Merah Palestina atau Palang Merah Mesir semata. "Ini bukan hanya tanggung jawab Palang Merah Palestina dan Mesir, tetapi juga Indonesia," ujar wakil presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-2019 itu.

Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Sumbar terus mengupayakan bantuan bagi warga Palestina. Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, selain bantuan ambulans hasil donasi warga Sumbar yang tengah sibuk melayani warga sipil di Jalur Gaza, Pemprov juga menggalang bantuan yang hingga kini terkumpul lebih Rp 2 miliar.

 

"Pertama, kita masih dalam keadaan berduka karena militer Israel semakin ganas membombardir saudara kita di Palestina. Kedua, kita bersyukur ambulans bantuan warga Sumbar masih aktif membantu saudara kita di sana," kata Mahyeldi di lokasi yang sama, Sabtu.

Selain terus beroperasinya ambulans bantuan warga, kata Mahyeldi, Pemprov Sumbar juga giat menggalang dana bantuan untuk disalurkan bagi warga Palestina. Dalam agenda rutin di Masjid Raya Sumbar bertema Subuh Mubarakah Ahad 5 November 2023, misalnya, seluruh ASN Sumbar bersama masyarakat akan menggelar doa bersama untuk keselamatan warga Palestina.

"Hingga saat ini, penggalangan dana kita di Pemprov Sumbar sudah terkumpul sekitar Rp 2 miliar. Ini akan terus kita himpun. Termasuk besok saat agenda Subuh Mubarakah, selain doa bersama, kita juga akan menggalang dana lagi untuk saudara kita di Palestina," kata politikus PKS tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement