Rabu 01 Nov 2023 16:03 WIB

Komisi I DPR Jadwalkan Uji Kelayakan Calon Panglima TNI pada 14 November 2023

Meutya Hafid tak masalah Jokowi mengajukan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid.
Foto: DPR
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Komisi I DPR masih menunggu hasil rapat pimpinan dan Badan Musyawarah (Bamus) DPR untuk penugasan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada calon panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Saat ini, Agus menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Rencananya, fit and proper test dijadwalkan berlangsung pada 14 November 2023. "Kurang lebih seperti itu, tapi kita lihat perkembangannnya. Kalau dari pimpinan DPR nanti turunkan lebih cepet, kita bisa buat lebih cepet," ujar Ketua Komisi I Meutya Viada Hafid di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga

"Intinya adalah sebelum 21 (November) ini sudah harus selesai di DPR, sudah dibawa ke paripurna," kata Meutya menambahkan.

Politikus Partai Golkar tersebut pun tak mempermasalahkan Jenderal Agus yang diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon panglima TNI. Padahal, ia baru beberapa hari menjabat sebagai KSAD.

 

Menurut Meutya, tidak ada ketentuan yang dilanggar terkait pencalonan Jenderal Agus. "Jadi Insya Allah tidak ada, tidak ada berpihak mana, berpihak mana, karena toh nanti kan fit and proper-nya juga dilaksanakan oleh seluruh fraksi," ujar Meutya.

DPR telah menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Jokowi terkait calon panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI yang akan pensiun di akhir November ini. Nama yang diusulkan Jokowi adalah KSAD Jenderal Agus Subiyanto.

"Nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, MSI, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," ujar Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan isi surpres tersebut di gedung DPR, Senayan, Selasa (31/10/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement