Sabtu 21 Oct 2023 19:50 WIB

Cegah Abrasi di Desa Selotong, Upaya Tanam Ratusan Bibit Mangrove Dilakukan Usbat Ganjar

Momentum kebersamaan itu menciptakan suasana kekeluargaan.

di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumut.
Foto: Dok. Web
di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumut.

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT -- Relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar berupaya melakukan konservasi lingkungan dengan penanaman bibit mangrove guna memitigasi terjadinya abrasi di wilayah pesisir.

Kurang lebih ada ratusan bibit tanaman mangrove yang diserahkan untuk ditanam bersama masyarakat di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumut. 

Baca Juga

Koorda Usbat Kabupaten Langkat, Muhammad Rizki mengungkapkan aksi ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat yang resah atas terjadinya abrasi di wilayah tersebut setiap beberapa bulan sekali.

"Kegiatan ini permintaan dari masyarakat karena kejadian-kejadian yang selama ini telah terjadi baik itu abrasi dan juga banjir sehingga datang masyarakat ke kami bagaimana edukasi Penanaman mangrove ini bisa dilaksanakan di desa ini karena kejadian-kejadian tersebut," kata Rizki, demikian dilansir pada Sabtu (21/10/2023). 

Momentum kebersamaan itu menciptakan suasana kekeluargaan dan keakraban diantara mereka. Semangat untuk merawat kelestarian lingkungan alam diperlihatkan dengan aksi penanaman bersama kali ini.

Pohon mangrove atau juga dikenal juga dengan bakau adalah jenis tanaman yang tumbuh di semak-semak atau hutan lebat di muara, rawa, atau pantai. 

Penanaman mangrove berguna untuk membantu menstabilkan ekosistem dan mencegah abrasi. Selain menanam bersama, Usbat Ganjar Sumut juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait budidaya tanaman mangrove tersebut.

"Harapan kami bagaimana kegiatan ini mampu untuk menahan dan memperbaiki ekosistem di daerah pesisir pantai khususnya di desa kita ini di Selotong dan juga menahan-nahan abrasi dan juga banjir yang ada di daerah pesisir pantai," kata dia.

Tokoh masyarakat Desa Selotong, Syahril Al Habil (47 tahun) menjelaskan setiap enam bulan sekali wilayah setempat merasakan terjadinya abrasi atau pengikisan tanah.

Dia berharap dengan adanya aksi penanaman, bantuan bibit mangrove, dan edukasi dari Usbat Ganjar mampu mencegah terjadinya abrasi.

"Kami ucapkan beribu terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan mangrove di desa kami. Di mana kiranya mudah-mudahan bantuan ini sangat bermanfaat yang kami harapkan dari dulu, kiranya dapat lebih baik lagi yang namanya hutan yang ada di wilayah sekitar kami," kata dia.

Sebelumnya kelompok serupa menggelar kegiatan bersih-bersih area pemakaman di Deli Serdang. Aksi sosial tersebut dilakukan Usbat Ganjar Sumut bersama Remaja Masjid dan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Hakim, serta puluhan warga di Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Koordinator Daerah (Korda) Usbat Kabupaten Deli Serdang Ahmad Thalhah mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya mengajak anak muda untuk turut serta dalam aksi sosial yang bermanfaat.

 

“Kami mengajak para remaja yang ada di Desa Kolam untuk bersinergi dengan para orang tua, para ustaz, dan dan masyarakat,” kata Ahmad, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement