Senin 02 Oct 2023 12:25 WIB

Kasus Pneumonia di Jakarta Melonjak, Prudential Adakan Vaksinasi PCV 13

Pada awal 2023, kasus pneumonia di DKI ada 400 pasien naik 100 persen daripada 2022.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) kepada seorang balita saat imunisasi pneumonia gratis (ilustrasi).
Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) kepada seorang balita saat imunisasi pneumonia gratis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kualitas udara perkotaan yang buruk di Jakarta, membuat masyarakat semakin riskan terpapar penyakit pneumonia, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dan asma. Khusus pneumonia, saat ini, penyakit tersebut masih menjadi fokus perhatian pemerintah karena mayoritas menyerang balita.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), risiko kematian akibat penyakit itu mencapai 14 persen pada 2019. Urgensi terkait risiko pneumonia mendorong Prudential Indonesia dan Prudential Syariah turut berupaya menekan angka kasus dengan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya publik memahami antisipasi dan perlindungan dari risiko penyakit melalui vaksinasi.

Mengutip laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) I pada April 2023, pneumonia termasuk dalam daftar 10 penyakit dengan jumlah kasus terbesar. Penyakit tersebut bersifat kritis karena berisiko memicu peradangan di kantong-kantong udara (alveoli) pada salah satu atau kedua paru-paru.

Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen, mengatakan, inisiatif perusahaan merupakan wujud komitmen berkelanjutan dalam mengajak masyarakat senantiasa mengedepankan hidup sehat untuk masa depan lebih baik. Menurut dia, vaksinasi pneumonia sangat penting dilakukan demi meminimalisasi angka kematian akibat penyakit tersebut.

 

"Upaya ini sejalan dengan tekad pemerintah untuk fokus menekan angka kasus pneumonia guna memastikan hidup lebih sehat dan produktif," ujar Karin dalam siaran di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Data Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada awal 2023 juga menunjukkan adanya peningkatan kasus pneumonia menjadi 400 pasien atau naik 100 persen dibandingkan awal 2022 yang hanya 200 kasus. Prudential pun mencatat klaim pneumonia masuk dalam 10 besar kasus terbanyak yang mengajukan klaim di Jakarta pada Agustus 2023.

Guna mendukung sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya vaksinasi pneumonia, Prudential berkolaborasi dengan mitra kesehatan PT Pfizer Indonesia (Pfizer). Pfizer merupakan produsen vaksin PCV 13 yang merupakan vaksin pneumonia dan bisa digunakan untuk segala usia.

PCV 13 adalah vaksin yang memberikan kekebalan terhadap 13 strain bakteri streptococcus pneumonia yang menyebabkan pneumonia di manusia. Kolaborasi bersama Pfizer dan Prodia sekaligus melengkapi misi Prudential untuk membantu masyarakat hidup lebih sehat. "Kami senantiasa berkomitmen untuk memberikan kontribusi berkelanjutan guna melindungi setiap kehidupan," ucap Karin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement