Senin 25 Sep 2023 22:23 WIB

Kaesang Jadi Ketum PSI, Grace Natalie Bangga Partai Bocil Bisa Regenerasi

Grace Natalie menyindir ada partai politik senior tidak ada regenerasi ketum.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie bersama Ketua Umum PSI periode 2023-2028 Kaesang Pangarep di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023) malam WIB.
Foto: Republika/ Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie bersama Ketua Umum PSI periode 2023-2028 Kaesang Pangarep di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie menjawab pertanyaan tentang kebijakan internal partainya yang langsung menetapkan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menjadi ketua umum (ketum) PSI periode 2023-2028.

Padahal, Kaesang baru bergabung ke PSI dua hari lalu atau pada Sabtu (25/9/2023). Grace pun menjelaskan, Kaesang menjadi ketum PSI ketiga setelah didukung oleh 38 DPW PSI seluruh Indonesia.

Baca Juga

Dia juga menyebut, kursi ketum yang tadinya ditempati Giring Ganesha Djumaryo dan sekarang diduduki Kaesang, merupakan bentuk regenerasi. Hal tersebut juga sepenuhnya disetujui oleh mantan vokalis Nidji itu yang merupakan ketum kedua. Adapun ketum pertama PSI adalah Grace sendiri.

"Kami cukup bangga di usia yang baru sembilan tahun ini, tidak hanya kaderisasi yang telah kami lakukan, tapi juga regenerasi. Meskipun masih bocil kami sudah menelurkan dua ketua umum, sudah sampai ke ke ketua umum yang ketiga," ujar Grace usai Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023) malam WIB.

 

Grae pun menyentil partai politik senior yang sudah berusia tua tidak ada regenerasi ketum, padahal memiliki kaderisasi yang lebih baik dari PSI. "Kalau kita berkaca pada partai-partai yang lain ada yang umurnya sudah lebih banyak, kaderisasinya kami yakin juga lebih baik, tetapi belum juga melakukan regenerasi," ujar Grace.

"Jadi kami lakukan terus kaderisasi, juga regenerasi supaya semangat nih yang di bawah bahwa semua punya kesempatan yang sama untuk suatu hari menduduki jabatan-jabatan strategis di PSI," ucap Grace menambahkan.

Di samping itu, Grace mengungkapkan, PSI sudah lama berkomunikasi dengan Kaesang terkait keputusan bergabung dan langsung ditawari sebagai ketum tersebut. Dia mengeklaim, tak ada keputusan yang tiba-tiba dilakukan oleh partainya dalam pergantian ketum.

"Jadi memang kebetulan, akhirnya kemantapan itu didapatkan sekarang, tetapi interaksinya sebenarnya sudah lama, nyamannya, rasa nyamannya sudah lama. Sehingga kemudian berujung pada titik temu hari ini," ujar Grace.

Sedangkan Kaesang resmi menerima mandat Dewan Pembina PSI sebagai ketu, PSI periode 2023-2028. Mandat tersebut diterimanya dalam forum Kopdarnas PSI. Kaesang mengakui, Presiden Jokowi sebagai ayah menjadi panutannya untuk terjun ke dunia politik.

"Beliau ini orang yang saya cintai dan saya hormati, saya ingin mengikuti jejak beliau untuk berpolitik, untuk kebaikan. Kepada Bapak, saya ingin menyampaikan izin saya mau menempuh jalan saya Pak," ujar Kaesang dalam pidato pertamanya sebagai ketum PSI.

Jalan ninja...

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement