Senin 25 Sep 2023 18:28 WIB

Platform Besutan Telkom Jadi Andalan Jaga Keakuratan Data Aset Digital di Kementerian BUMN

Platform Tomps menjadi salah satu produk di bawah payung Leap-Telkom Digital.

Platform besutan Telkom, Tomps, menjaga keakuratan data aset digital dalam Kementerian BUMN.
Foto: Dok. Telkom
Platform besutan Telkom, Tomps, menjaga keakuratan data aset digital dalam Kementerian BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai perusahaan yang tengah bertransformasi menjadi digital telco, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya menunaikan tanggung jawabnya sebagai poros utama digitalisasi di Indonesia melalui implementasi layanan manajemen aset digital di Portal Aset KBUMN dengan memanfaatkan platform Tomps, salah satu produk digital di bawah payung Leap-Telkom Digital (Leap).

“Aset BUMN menjadi hal penting yang sejatinya perlu dilakukan pendataan dan pembaruan data secara berkala. Implementasi layanan manajemen aset digital yang diberikan oleh Tomps membawa perubahan positif dalam mengoptimalkan manajemen aset yang dimiliki oleh BUMN di Indonesia,” ujar Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid, dalam keterangan tertulis, Senin (25/9/2023).

Baca Juga

Dengan layanan manajemen aset digital yang diberikan oleh Tomps, sebanyak 65 BUMN yang telah menggunakan Portal Aset KBUMN dapat melakukan pemutakhiran data aset tanah maupun bangunan dengan cepat, mudah dan terjaga keakuratannya. Implementasi Tomps mampu meningkatkan transparansi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam manajemen aset di jajaran BUMN dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Langkah pengkinian data yang dilakukan Tomps di Portal Aset mampu meminimalisasi risiko kepemilikan aset BUMN yang kompleks agar terhindar dari masalah hukum. Pengkinian data secara teratur menjadi upaya strategis guna memitigasi risiko dan memastikan transparansi serta akurasi dalam manajemen aset. 

 

Pemanfaatan Tomps menciptakan platform yang lebih andal dan efisien dalam mengelola aset yang dimiliki BUMN beserta data geospasialnya. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dari berbagai BUMN terhadap portal aset, karena telah menggunakan layanan manajemen aset dari Tomps untuk mengoptimalkan pengelolaan aset mereka.

“Semenjak sistem manajemen aset diimplementasi dengan Tomps, kami merasa platform Portal Aset KBUMN lebih user friendly. Terlebih sekarang layanan dan fiturnya mudah dipahami. Tomps memberikan layanan digital dengan opsi upload yang bisa dilakukan secara efisien dan massal,” ungkap Junior Analis Akuntansi Aset ASDP Indonesia Ferry Dicky Yulian Anantha.

Kehadiran Tomps menjadi bukti nyata Telkom dalam mengorkestrasikan ekosistem digital di Indonesia. Sampai dengan tahun 2023, Tomps telah melakukan ratusan kerja sama strategis dengan kementerian dan berbagai perusahaan di Indonesia. Tidak hanya Tomps, Leap Telkom Digital juga memayungi platform digital cerdas lainnya yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. 

Informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan dari Leap Telkom Digital dapat dilihat di sini https://leap.digitalbisa.id/#products.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement