Ahad 24 Sep 2023 17:30 WIB

Relawan Pena Mas Ganjar Sosialisasikan Pentingnya Sertifikasi Halal Kepada Pelaku UMKM

Sertifikasi halal merupakan cap yang sangat penting bagi sebuah produk.

Sosialisasi sertifikasi halal dan bantuan pendaftaran gratis sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Desa Dinuk, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah akhir pekan ini.
Foto: Dok. Web
Sosialisasi sertifikasi halal dan bantuan pendaftaran gratis sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Desa Dinuk, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Sukarelawan Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi dari Undip, Unnes, dan UNS (Pena Mas) Dukung Ganjar terus berupaya menebar manfaat kepada seluruh masyarakat, termasuk bagi pelaku UMKM. 

Pena Mas mengadakan kegiatan positif berupa sosialisasi sertifikasi halal dan bantuan pendaftaran gratis sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Desa Dinuk, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah akhir pekan ini. 

Baca Juga

Koordinator Pusat Pena Mas Ganjar, Reza Abdurrakhman mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya sukarelawan untuk mengimplementasikan sosok calon presiden pilihan mereka Ganjar Pranowo yang sangat pro terhadap pelaku UMKM. 

"Kami hadir di Tegal untuk mensosialisasikan sertifikasi halal. Kami juga membantu para pelaku UMKM untuk mendaftarkan produknya dan keterampilannya tersertifikasi secara halal oleh Kementerian Agama," ujar Reza. 

 

Dia menyebutkan, sertifikasi halal merupakan cap yang sangat penting bagi sebuah produk. Karena dengan sudah diberikannya sertifikasi halal oleh Kementerian Agama (Kemenag), menandakan bahwa produk tersebut sudah lolos uji dari segi kualitas dan kuantitasnya. 

Dengan demikian, produk tersebut sudah dapat dipasarkan kepada khalayak luas. Dan konsumen tidak perlu merasa was-was atau khawatir saat mengonsumsinya. 

"Pentingnya (sertifikasi halal) untuk memperluas pangsa pasar, memastikan bahwa produk-produk dan keterampilan yang dimiliki pelaku UMKM itu sudah halal secara keagamaan sehingga masyarakat lebih yakin untuk membeli produknya," kata Reza. 

Dalam kesempatan tersebut, berbagai produk UMKM berupa makanan dan minuman milik peserta juga ikut dipamerkan di depan. Mulai dari kerupuk, nasi lengko, telor asin, jamu dan aneka kue. 

Dengan merangkul para pelaku UMKM, sukarelawan dinilai sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Tegal melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah. 

Kegiatan ini juga sebagai sosialisasi sosok Ganjar Pranowo calon presiden 2024 kepada masyarakat di wilayah setempat. 

Para peserta tampak sangat antusias ikut sosialisasi tersebut. Mereka pun terlihat berbondong-bondong saat mengikuti bantuan pendaftaran sertifikasi halal yang disediakan Pena Mas Ganjar.

Ini bukan kali pertama Pena Mas merangkul masyarakat tegal. Sebelumnya, para relawan menggelar diskusi bersama orang tua siswa tentang pentingnya pendidikan bagi anak serta sosialisasi beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) bertema "Ngobrol Bareng Wali Murid" di Desa Karangjati, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal.

“Pena Mas Ganjar hari ini menyambangi Kabupaten Tegal untuk mengobrol bersama wali murid guna menyosialisasikan masyarakat bahwa pendidikan sangat penting bagi anak-anak," kata Koordinator Pusat Pena Mas Ganjar Reza Abdurrakhman, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement