Rabu 20 Sep 2023 20:47 WIB

BMKG Sebut 3 Daerah di Kaltim Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir pada 21-22 September

BMKG memprediksi 3 daerah di Kaltim akan hujan lebat pada 2 hari ke depan.

Pengendara menggunakan jas hujan (ilustrasi). BMKG memprediksi 3 daerah di Kaltim akan mengalami hujan lebat disertai petir.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pengendara menggunakan jas hujan (ilustrasi). BMKG memprediksi 3 daerah di Kaltim akan mengalami hujan lebat disertai petir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan memprakirakan tiga daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) berpotensi hujan lebat disertai petir pada 21-22 September 2023. Selain itu, tujuh daerah lainnya akan cerah serta sedikit berawan pada dua hari ke depan.

"Tiga daerah itu adalah Kabupaten Berau, Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Mahakam Ulu," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga

Sedangkan tujuh daerah yang diprakirakan cerah dan sedikit berawan pada Kamis-Jumat itu adalah Kota Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kutai Barat, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser. Ia memerinci hujan disertai petir di Berau diprakirakan terjadi pada Kamis sekira pukul 17.00 dan 20.00 WITA di lima kecamatan yakni Tanjung Redeb, Pulau Derawan, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Teluk Bayur.

Sedangkan hujan ringan diprakirakan terjadi pada Kamis sekira pukul 23.00 WITA pada hampir seluruh kecamatan. Sedangkan pada Jumat dini hari hujan ringan hanya di Kecamatan Kelay dan Jumat pagi hujan ringan di Kecamatan Batu Putih dan Biduk-Biduk.

 

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, hujan petir diprakirakan terjadi pada Kamis sekira pukul 17.00 dan 20.00 WITA, hanya di Kecamatan Tenggarong Seberang. Sementara hujan ringan pada Kamis mulai pukul 14.00 hingga Jumat dini hari diprakirakan terjadi di Kecamatan Tabang.

Di Kabupaten Mahakam Ulu hujan ringan pada Kamis sekira pukul 11.00 Wita di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai, dan pukul 17.00 hingga 23.00 WITA di Kecamatan Long Apari, Long Bagun, dan Long Pahangai.  Sedangkan Jumat dini hari hingga Subuh, hujan ringan berpotensi terjadi di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai.

Hujan lebat disertai petir dan hujan ringan tersebut berpotensi diikuti dengan angin kencang berdurasi singkat, sehingga masyarakat diimbau waspada terhadap dampak yang bisa ditimbulkan seperti genangan air, jalan licin, tanah longsor, dan pohon tumbang. "Prakiraan peristiwa ini pun telah disampaikan ke pihak terkait di masing-masing daerah, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar segera dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat," kata Iwan.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement