Selasa 05 Sep 2023 16:11 WIB

Pemkab Rokan Hulu: Kita Sudah Laksanakan Semua Aturan Lelang Pengadaan BBM

Pengadaan BBM di Pemkab Rokan Hulu untuk kemaslahatan warga.

Ilustrasi pengendara antre mengisi BBM di sebuah SPBU.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi pengendara antre mengisi BBM di sebuah SPBU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Proyek lelang pengadaan bahan bakar minyak (BBM) Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menjadi sasaran penyelidikan Polda Riau. Penyelidik menelusuri apakah dalam pelaksanaan proyek tersebut terjadi penyimpangan atau tidak.

Terkait hal itu, Sawali, fungsional pengadaan barang/jasa pertama Pemkab Rohul menyatakan, proses lelang yang terkait proyek tersebut sudah berdasarkan aturan yang berlaku. 

Baca Juga

Sawali menjelaskan, proses tender hanya terkait ongkos kirim. Sementara untuk pengadaan BBM tidak dilelang karena termasuk barang dikecualikan berdasarkan Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau Perlem Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa yang Dikecualikan pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. 

"Karena harganya telah dipublikasikan secara umum oleh pemerintah. Jadi siapa pun yang beli harganya tetap sama. Yang kita tenderkan atau lelangkan itu ongkos kirim," kata Sawali saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (5/9/2023).

 

Selain Perlem Nomor 12 Tahun 2018, Sawali mengatakan, proses lelang terkait ongkos kirim BBM ini juga berdasarkan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Dikatakan, setelah diumumkan di LPSE terdapat tiga perusahaan yang memasukan dokumen penawaran, yakni PT Esa Riau Berjaya, PT Andalas Borneo Internusa, dan PT Sulung Sejahtera.

Namun, setelah dilakukan proses evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis, dan harga PT Sulung Sejahtera dinyatakan gugur tidak memiliki pengalaman tiga tahun terakhir. 

"Satu perusahaan gugur di evaluasi teknis. Tinggal dua perusahaan yang lulus evaluasi," katanya.

Setelah lulus proses evaluasi, PT Esa Riau Berjaya dan PT Andalas Borneo Internusa diundang untuk pembuktian kualifikasi. Kedua perusahaan itu pun dinyatakan lulus kualifikasi. 

"Dalam tahap penetapan pemenang kedua perusahaan yang lulus sistem mengatur secara otomatis reverse auction atau penawaran harga berulang," katanya.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement