Kamis 31 Aug 2023 18:11 WIB

Dinsos Jaring Pengemis di Alun-Alun Kota Bogor Bawa Uang Rp 50 Juta

Pengemis tersebut merupakan pengidap disabilitas intelektual dan tunawicara.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas Dinsos Kota Bogor menjaring pengemis tanpa identitas yang membawa uang Rp 50 juta.
Foto: Republika.co.id/Shabrina Zakaria
Petugas Dinsos Kota Bogor menjaring pengemis tanpa identitas yang membawa uang Rp 50 juta.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor menjaring seorang pengemis berjenis kelamin laki-laki dari sekitar Alun-Alun Kota Bogor. Dari tangan pengemis tersebut, petugas menemukan uang tunai sebanyak Rp 50 juta.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bogor, Dody Wahyudin, mengatakan, pria tanpa identitas itu diperkirakan berusia sekitar 25 tahun. Pengemis tersebut merupakan pengidap disabilitas intelektual dan tunawicara.

Baca Juga

Dody mengatakan, saat dibawa ke Kantor Dinsos Kota Bogor, pengemis itu mengenakan celana sebanyak lima rangkap. Ketika hendak dimandikan, ditemukan dalam celana tersebut berlembar-lembar uang yang sudah dibungkus dalam plastik, dan dimasukkan ke dalam kantong-kantong celana yang dikenakannya

"Setelah kita perdalam, celanannya kita buka semua, ini masih dalam proses penghitungan ini perkiraan sementara mungkin sekitar Rp 50 juta, tapi belum fixed karena masih dalam proses perhitungan," kata Dody ketika ditemui Republika.co.id di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (31/8/2023).

 

Pantauan Republika.co.id di kantor Dinsos Kota Bogor, uang yang dibawa pria tersebut memiliki pecahan mulai dari Rp 1.000, hingga Rp 100 ribu. Beberapa di antaranya masih berupa gumpalan, namun ada juga kantong-kantong plastik bening berisi uang pecahan Rp 5.000, senilai Rp 500 ribu, dan pecahan Rp 10 ribu senilai Rp 1 juta. 

Diperkirakan, uang tersebut mencapai lebih dari Rp 50 juta. Ketika petugas tengah menghitung berlembar-lembar uang yang dibawanya, pria berambut botak itu ketakutan seakan uangnya akan diambil orang lain.

Dody menyebutkan, dari informasi yang diterima dari warga sekitar, pria ini dibawa oleh seseorang untuk sengaja mengemis. Namun, saat ini Dinsos Kota Bogor belum dapat menggali informasi dari pria tanpa identitas tersebut.

"Jadi informasi awal itu masih sepotong-sepotong, tapi informasinya sih ada yang nurunin. Titiknya di Alun-Alun Kota Bogor," jelasnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement