Sabtu 26 Aug 2023 23:45 WIB

Wapres Minta Uji Emisi Kendaraan Dilakukan Masif untuk Kurangi Polusi

Uji emisi belum terlalu berdampak mengurangi polusi karena baru berjalan sebentar.

Wapres KH Maruf Amin.
Foto: Republika
Wapres KH Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meminta uji emisi kendaraan dilakukan semakin masif sebagai salah satu upaya untuk mengurangi polusi di Ibu Kota DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Saya minta terus uji emisi ini," kata Wapres di sela-sela kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat, sebagaimana dipantau melalui tayangan video di Jakarta, Sabtu (26/8/2023).

Baca Juga

Kiai Ma'ruf menyampaikan salah satu masalah yang harus ditangani adalah sumber polusi itu sendiri yaitu emisi dari kendaraan bermotor. Namun, uji emisi saat ini belum terlalu berdampak dalam mengurangi polusi karena baru berjalan sebentar.

"Sekarang, uji emisi; tetapi ini belum berpengaruh karena baru lima persen, tentu belum berdampak," tambahnya.

 

Oleh karena itu, Wapres Ma'ru mendorong seluruh pihak terkait untuk terus melakukan uji emisi.

Kiai Ma'ruf juga mencermati polusi udara dipengaruhi dari kawasan industri, baik di Jakarta maupun di daerah sekitar ibu kota. Menurut dia, hal itu juga perlu segera diatasi. "Selain itu, ada tambahannya itu, membuka ruang-ruang hijau, taman-taman, kemudian (pemberlakuan) WFH (bekerja dari rumah), ya, itu tambahannya. Tapi yang pokok tadi dua itu, transportasi kemudian (kawasan) industri itu yang paling (berdampak). Barangkali itu harus cepat diatasi," ujar Wapres.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement