Rabu 23 Aug 2023 14:11 WIB

Kebakaran Ponpes Gontor, 10 Ruang Santri, Kitab-Kitab dan Alquran Ikut Hangus Terbakar

BPBA masih menyelidiki penyebab kebakaran ponpes Gontor 8.

Kebakaran/ilustrasi
Foto: pixabay
Kebakaran/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan saat ini tengah menyelidiki penyebab terbakarnya 10 ruangan yang meliputi sembilan ruang santri dan satu ruang guru di Pesantren Gontor, Kabupaten Aceh Besar, ludes terbakar.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” kata Kepala Pelaksana BPBA Ilyas melalui Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBA di Banda Aceh, Rabu.

Baca Juga

Ia menjelaskan, kebakaran Pesantren Gontor di Gampong Meunasah Baroe, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar terjadi pada Rabu (23/8) sekitar pukul 02.45 WIB.

Akibatnya, kata dia, sembilan unit ruang tempat tinggal santri sekaligus pakaian, Alquran dan kitab hangus terbakar. Begitu juga dengan satu unit ruang dewan guru berserta isinya.  

 

“Korban terdampak 100 orang santri, yang mengungsi ke mushala. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” kata Ilyas.

Menurut dia, BPBD Aceh Besar mengerahkan delapan unit armada kebakaran ke lokasi kejadian meliputi tiga unit Pos Induk Sibreh, dua unit armada Pos Seulimum, dua unit Pos Jantho, dan satu unit Pos Saree.

“Dengan dukungan 25 personel untuk melakukan penanganan pemadaman dan pendinginan. Api berhasil dipadamkan pukul 06.01 WIB,” ujarnya.

Pemadaman api dilakukan oleh BPBD Aceh Besar, yang turut dibantu oleh TNI/Polri serta masyarakat, dewan guru, dan santri.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement