Selasa 22 Aug 2023 13:57 WIB

MTQ ke-42 Kota Sukabumi Digelar, Cetak Generasi Terbaik dengan Nilai Keislaman

Peserta MTQ ke-42 berasal dari tujuh kecamatan di Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nora Azizah
MTQ XLII atau ke-42 Kota Sukabumi, Jawa Barat, resmi digelar, Selasa (22/8/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
MTQ XLII atau ke-42 Kota Sukabumi, Jawa Barat, resmi digelar, Selasa (22/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kota Sukabumi menjaring generasi terbaik yang menguasai sisi kelimuan sekaligus keagamaan melalui ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Semangat ini mengemuka dalam pembukaan MTQ XLII atau ke-42 Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2023 digelar di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Selasa (22/8/2023), yang diramaikan peserta dari tujuh kecamatan di Kota Sukabumi, Jawa Barat. 

"Alhamdulillah, pembukaan MTQ berlangsung semarak sebagai syiar agama," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Baca Juga

Fahmi mengatakan, namun, MTQ bukan sebatas syiar agama saja karena sejatinya mampu memberikan pengaruh terbaik kepada masyarakat. Nilai-nilai keislaman menguat dan membanggakan masyarakat karena keteladanan sosial dan individual makin meningkat. 

Ketika syiar Islam bergerak dengan cepat dan mengedepankan nilai-nilai keagaman, maka Kota Sukabumi akan menjadi kota yang menyenangkan dan aman bagi warga. Meskipun, lanjut Fahmi, ketika ada dinamika maka peran alim ulama, pemerintah dan yang lainnya menyentuh masyarakat sampai ke akar rumput. 

 

Fahmi mengungkapkan, MTQ sebagai ajang menghadirkan pribadi muslim yang taat hadir di tengah masyarakat yakni pribadi unggul dari sisi keilmuan dan sisi keagamaan.

"Bersyukur ketika ada beberapa anak SMA dari Sukabumi diterima ke perguruan tinggi negeri melalui hafalan Alquran," katanya.

"Saya berpesan MTQ bukan mengejar kemenangan, makanya tidak boleh naturalisasi," tambah Fahmi. 

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Sukabumi Andri Firmansyah mengatakan, tema yang diusung dalam acara ini yakni dengan MTQ mari kita rangkai kehidupan bersendikan Alquran mewujudkan Kota Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera.

"Maksud dan tujuan penyelanggaraan MTQ ini pertama untuk mendekatkan jiwa umat islam kepada kitab suci dan meningkatkan semabngat menbaca mempelajari, dan mengamalkan Alquran," ujarnya.

Kedua kata Andri, meningkatkan potensi dan kemampuan peserta di masing-masing cabang yang dimusabaqohkan. Ketiga, membangun hubungan emosinal antara peserta MTQ dan ke empat menyiapkan peserta untuk ke ajang MTQ Jabar 2024

Pelaksanaan MTQ digelar pada 22-24 Agustus temlat di Gedung Juang 45 dan beberapa tempat lainnnya. Peserta kegiatan sebanyak 102 orang dari tujuh kecamatan se Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement