Selasa 15 Aug 2023 10:27 WIB

BI Jambi Perkuat Pemahaman Pemda Terkait Kartu Kredit Indonesia

Saat ini baru Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi yang menggunakan KKI sejak Mei 2023.

Logo Bank Indonesia
Foto: Bank Indonesia
Logo Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi meningkatkan pemahaman penggunaan Kartu Kredit Indonesia (KKI) kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di daerah tersebut. Hal ini sebagai langkah mempercepat realisasi belanja daerah dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Hermanto mengatakan, saat ini baru Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi yang menggunakan KKI sejak Mei 2023. Ia berharap, pemerintah kota dan kabupaten lainnya bisa mencontoh Pemkot Jambi.

Baca Juga

"Kami gelar sosialisasi agar seluruh pemerintah kabupaten kota lainnya bisa lebih paham dan mempercepat penggunannya," kata dia.

Menurut Hermanto, untuk mempercepat implementasi KKI ini, BI Jambi berkoordinasi dengan Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jambi. BI Jambi siap melakukan pendampingan kepada pemerintah kabupaten kota lainnya yang ingin menggunakan KKI.

 

Ia menjelaskan, penggunaan KKI bagi pemerintah daerah dapat mempercepat realisasi belanja daerah secara non tunai, peningkatan penggunaan produk dalam negeri, meningkatkan usaha mikro, kecil dan menengah melalui pengadaan pemda dan sebagai strategi untuk pencegahan korupsi.

Hermanto menegaskan penggunaan KKI oleh Pemkot Jambi yang baru berjalan tiga bulan masih dalam masa transisi. Sehingga, jika penggunaannya belum maksimal masih dalam kategori wajar. Namun, untuk tahun depan diharapkan penggunaannya lebih maksimal. Sesuai dengan target bahwa seluruh pemerintah kabupaten kota harus menggunakan KKI hingga akhir 2023. Untuk itu, BI Jambi akan berkoordinasi dengan instansi terkait mendorong akselerasi implementasi KKI di daerah

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jambi Poppy Nurul Isnaini mengatakan bahwa penggunaan KKI oleh Pemkot Jambi memang masih belum maksimal. Hal itu karena, penggunaannya baru berjalan selama tiga bulan belakangan.

"Sejauh ini masih digunakan untuk realisasi yang kecil, tapi secara bertahap tentu rekan-rekan akan semakin memahami penggunaannya," kata dia.

Sebelumnya, Bank Jambi telah meluncurkan Kartu kredit Pemerintah Daerah atau yang saat ini menjadi KKI untuk digunakan oleh Pemkot Jambi. Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan pihaknya sudah mengirimkan beberapa pegawai untuk studi banding KKI ini ke Kota Cilegon, Banten beberapa waktu lalu.

Fasha berharap penggunaan kartu kredit pemerintah ini dapat mempercepat realisasi belanja Pemkot Jambi melalui mekanisme uang persediaan secara non tunai.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement