Ahad 13 Aug 2023 09:40 WIB

BPS Catat Pertumbuhan Ekonomi Jateng Naik di Triwulan II 2023, Ganjar: Alhamdulilah

Pertumbuhan ekonomi Jateng juga dipicu adanya momentum mudik Lebaran.

Pedagang melayani pembeli di kios Abiyyu, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Jumat (7/7/2023).
Foto: Antara/Maulana Surya
Pedagang melayani pembeli di kios Abiyyu, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Jumat (7/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Badan Pusat Statistik Jawa Tengah (BPS Jateng) mencatat pertumbuhan ekonomi Jateng pada triwulan II tahun 2023 sebesar 5,23 persen, secara Year on Year (YoY). Catatan ini di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional sebesar 5,17 persen.

Sementara, pertumbuhan ekonomi Jateng pada triwulan II tahun 2023 ini juga lebih baik dari triwulan sebelumnya. Pada triwulan I BPS Jateng mencatat pertumbuhan ekonomi di angka 5,04 persen.

Baca Juga

Perekonomian Jateng pada Triwulan II tahun 2023 berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp421.281,65 miliar. Sementara atas dasar harga konstan (ADHK) 2010 mencapai Rp275.013,83 miliar.

“Alhamdulillah pertumbuhannya bagus meskipun tidak meloncat tapi seiring dengan pertumbuhan nasionalnya. Sedikit lebih tinggi,” kata Ganjar usai meluncurkan Great Sale dan Pameran Otentik Jateng di The Park Mall, Kota Semarang, Jateng, seperti dilansir pada Ahad (13/8/2023). 

 

Pertumbuhan ekonomi Jateng juga dipicu adanya momentum mudik Lebaran. Pada momentum tersebut, inflasi di Jateng cukup terjaga yang diindikasikan dengan harga-harga kebutuhan pokok cenderung terkendali.

“Sehingga ekonomi akan bisa tumbuh, konsumsi akan tumbuh. Harapan kita ini bisa menggerek ekonomi wabilkhusus yang UMKM ya,” kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menggerakkan sejumlah event kreatif untuk menggerek pertumbuhan ekonomi Jateng. Salah satunya melalui Great Sale dan Pameran Otentik dalam rangka HUT Jateng ke-78 yang diselenggarakan di The Park Mall Semarang mulai 10-14 Agustus 2023.

“Maka ditempatkan di mall yang bagus, dan membuat orang akan datang. Orang bisa menikmati mall-nya sekaligus berbelanja produk-produk yang kita pamerkan. Ekonomi biar menggelinding,” kata dia.

Ganjar berharap, acara yang merupakan hasil kerja sama Pemprov Jateng dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jateng ini dapat menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi selanjutnya.

“Bekerja sama dengan Kadin, tadi disponsori oleh Bank Mandiri, dan usaha-usaha kecil mereka terlibat, dan mudah-mudahan ini akan bisa menarik orang untuk datang, orang bisa berbelanja. Tentu diskonnya banyak ini,” ujar Ganjar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement