Jumat 04 Aug 2023 23:49 WIB

JK Dukung Airlangga Solidkan Golkar untuk Menangkan Pemilu 2024

JK menegaskan, mendukung Golkar berarti mendukung Airlangga.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama sesepuh Partai Golkar, Jusuf Kalla, Agung Laksono, Aburizal Bakrie, Muhamad Hatta, dan Theo Sambuaga di Darmawangsa Hotel, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dalam keterangan, Jumat (4/8/2023).
Foto: dok partai golkar
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama sesepuh Partai Golkar, Jusuf Kalla, Agung Laksono, Aburizal Bakrie, Muhamad Hatta, dan Theo Sambuaga di Darmawangsa Hotel, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dalam keterangan, Jumat (4/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Senior partai yang juga Ketua Umum Golkar periode 2004-2009, Jusuf Kalla (JK) menyatakan dukungannya terhadap Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk memenangkan Pemilu 2024.

Menurut JK, saat ini Airlangga layaknya jenderal dalam peperangan demokrasi lima tahunan di Indonesia bagi partai berlambang pohon beringin. Ia mengakui di bawah kepemimpinan Airlangga, seluruh struktur Partai Golkar dari pusat hingga ke daerah solid.

Baca Juga

Menurutnya, soliditas inilah yang menurutnya dibutuhkan Airlangga untuk dapat memenangkan Golkar di pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

“Dibutuhkan soliditas untuk katakanlah bertempur, ini Pak Jenderal (Airlangga), kalau tidak bersatu bagaimana bisa memenangkan pertempuran, iya kan,” tutur JK usai menggelar pertemuan tertutup dengan Airlangga di Darmawangsa Hotel, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dalam keterangan, Jumat (4/8/2023).

 

Selain JK dan Airlangga, dalam pertemuan itu juga dihadiri senior Golkar lainnya. Antara lain, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono, Ketua Dewan Etik Golkar Muhamad Hatta, dan senior Golkar Theo Sambuaga. Airlangga juga didampingi Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus dan Iskandar Mandji.

“Daerah solid juga, kalau daerah solid, pengurus solid, ya apalagi itu yang dibutuhkan untuk membuat kekuatan. Dan ini yang dibutuhkan,” ujar JK.

Politikus Golkar yang pernah menjabat wakil presiden dua kali ini menegaskan, pihaknya mendukung Airlangga memimpin Golkar untuk memenangkan Pemilu 2024. JK mengimbau seluruh pihak tidak mencampuri soal kebijakan teknis yang diberlakukan Airlangga di internal partai untuk meraih kemenangan.

“Kita mendukung partainya, berarti kita mendukung Pak Airlangga, tentunya dalam mengambil kebijakan. Itu intinya. Kita tidak mencampuri kebijakan teknis yang diberlakukan di partai. Kita mau partai bersatu,” tegas JK.

Politikus senior Golkar itu berpesan soliditas para ketua umum di setiap era yang hadir dalam pertemuan Jumat malam, menjadi dorongan moral untuk struktur Partai Golkar di seluruh wilayah Indonesia. JK menuturkan, pertemuan yang digelar dengan acara makan malam santai ini diharapkan bisa menyatukan seluruh kader untuk kemenangan partai nomor urut 4 ini di Pemilu 2024.

“Ini penting untuk mendorong moral struktural, untuk kesatuan kita. Bahwa nanti apa yang jadi kebijakan oleh pengurus atau Golkar itu tentu kita serahkan seperti apa yang diamanatkan oleh munas atau rakernas,” tegas JK.

Sementara, Airlangga mengatakan pertemuan dirinya dengan JK merupakan undangan dari senior ke pada junior di Partai Golkar. Ia mengaku sudah menyampaikan perkembangan kondisi terkini di Partai Golkar, bahwa saat ini partai sangat solid untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Tentu tadi dari senior Partai Golkar, dari Pak JK, Pak Aburizal Bakrie, Pak Agung (Laksono), Pak Theo (Sambuaga), Pak Hatta, tentu berharap bahwa partai ini solid. Tidak ada yang mengganggu Partai Golkar, karena sebagai partai nomor dua terbesar di Indonesia ini mewakili institusi politik dan institusi demokrasi,” tutur Airlangga.

“Jadi tentu konstitusi Partai Golkar terus diminta untuk terus dijaga dan juga jangan ada pihak-pihak luar yang mengganggu soliditas Partai Golkar,” ujar Airlangga menambahkan.

Kepada JK, Airlangga menyampaikan target perolehan kursi DPR pada Pemilu 2024 yakni, 116 hingga 120 atau setara 20 persen kursi parlemen Senayan.

"Dan juga saya menyampaikan khusus untuk pilpres Partai Golkar dan seluruh DPD dan DPP mengamanatkan untuk menjaga keputusan munas, rapimnas, dan rakernas, termasuk kemarin dalam pertemuan di Bali,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement