Selasa 01 Aug 2023 16:47 WIB

Tarif Bus Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Diusulkan Rp 5.000

DTKJ mengusulkan kepada Dishub DKI tarif bus Transjakarta ke Bandara Rp 5.000.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Penumpang menaiki bus Transjakarta rute Terminal Kalideres-Soekarno Hatta di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (7/7/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang menaiki bus Transjakarta rute Terminal Kalideres-Soekarno Hatta di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (7/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyampaikan, mendapatkan rekomendasi dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) terkait besaran tarif bus Transjakarta rute Terminal Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). hanya saja, rekomendasi tarif tersebut masih dalam pembahasan.

"Hari ini sudah terbit rekomendasi DKTJ, yang diusulkan untuk tarif itu DKTJ mengusulkan itu Rp 5.000, tentu ini akan masih kami bahas di tingkat provinsi setelah kami menerima surat dari usulan DTKJ tersebut," kata Kepala Dishub DKI, Syafrin Liputo di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat pada Selasa (1/8/2023).

Syafrin menjelaskan, uji coba layanan bus Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta masih dilanjutkan. Penumpang pun kian banyak yang menaiki rute layanan yang dimulai pada 5 Juli 2023 itu.

"Dari hasil evaluasi, kita sudah melakukan beberapa penyesuaian, seperti contoh operasionalnya jam semula 06.00-09.00 WIB jadi jam 05.30-09.05 WIB, sorenya 18.00-21.00 WIB berubah menjadi 16.30-21.05 WIB. Itu penyesuaian," kata Syafrin.

 

Sebelumnya, bus Transjakarta rute Terminal Kalideres-Bandara Soetta sudah menjalani uji coba selama dua pekan. Seharusnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah mengevaluasi dan menentukan tarif layanan baru itu. Namun, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono memutuskan untuk menambah uji coba selama satu pekan.

"Ya ditambah seminggu lagi," kata Heru di Jakarta pada Rabu (26/7/2023). Dia mengaku, jajarannya belum menentukan tarif bus rute baru tersebut. Hal itu karena tarif rute yang akan ditentukan nantinya sesuai dengan daya beli penumpang atau pekerja Bandara Soetta.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement