Ahad 30 Jul 2023 02:37 WIB

Pelatihan Membuat Asinan Mekarasi untuk Ibu-Ibu di Bogor, Kowarteg Ganjar: Dorong UMKM

Kowarteg Indonesia berharap para ibu-ibu mempunyai menu baru.

Pelatihan memasak asinan bagi ibu-ibu di kawasan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok. web
Pelatihan memasak asinan bagi ibu-ibu di kawasan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia mengadakan kegiatan pelatihan memasak bagi ibu-ibu di kawasan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kali ini, komunitas yang merupakan pendukung Ganjar Pranowo itu mengadakan pelatihan memasak asinan mekarsari.

"Kami melibatkan para ibu-ibu dan mengadakan pelatihan membuat asinan di Desa Sinargalih, Kelurahan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat," ujar Koordinator Kowarteg Indonesia Noehrozi seperti dinukil pada Sabtu (29/7/2023). 

Baca Juga

Melalui pelatihan itu, Kowarteg Indonesia berharap para ibu-ibu mempunyai menu baru untuk dimasak di rumah. "Selain itu, asinan ini juga bisa dijadikan usaha kuliner untuk menambah pemasukan bagi ibu-ibu," ujar dia.

"Kami harap, pelatihan ini bisa berdampak positif dan membuat ibu-ibu bisa lebih kreatif dalam memasak dan jadi peluang UMKM," tambah dia.

 

Fitria, salah satu warga yang ikut dalam pelatihan mengaku senang bisa diajarkan membuat asinan mekarsari. "Dengan adanya pelatihan ini, kami bisa membuat menu masakan baru untuk di rumah," ujar dia.

Kegiatan serupa juga dilakukan di Kecamatan Patian Rowo, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur mendapat pelatihan seputar peluang bisnis dari sektor kuliner sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Para peserta mendapat pelatihan membuat kue bolu karamel kukus yang diharapkan mampu dijadikan ladang ekonomi warga setempat.

Usai pelatihan para ibu-ibu juga diberikan alat masak dan bahan membuat kue agar nantinya dapat dipraktikkan di rumah masing-masing.

“Tujuannya untuk menambah keahlian di bidang kuliner dan menjadikannya sebagai peluang usaha,” ujar Koordinator Wilayah Kowarteg Jateng, Kiki Kurniawan, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement