Rabu 26 Jul 2023 01:03 WIB

Bukan Hanya Timnas Jerman, Erick Thohir Juga Tantang Tim 10 Besar Lainnya

Erick menilai perlu ada satu lawan berperingkat tinggi di kalender FIFA Matchday

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) didampingi Waketum Ratu Tisha (kiri) saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta, Selasa (25/7/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) didampingi Waketum Ratu Tisha (kiri) saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Bukan Hanya Timnas Jerman, Erick Thohir Juga Tantang Tim 10 Besar Lainnya

JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan rencana PSSI untuk mencari lawan tanding selevel Argentina di FIFA Matchday tahun depan. Baru-baru ini, terungkap bahwa PSSI telah berkirim surat kepada Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB) yang berisi ajakan bertanding pada laga uji coba yang masuk dalam kalender FIFA tersebut. 

Namun, mantan bos Inter Milan itu mengungkapkan upaya yang dilakukan PSSI bukan hanya kepada Jerman, tapi juga kepada negara-negara yang peringkat sepuluh besar FIFA yang lain seperti Portugal, Brasil hingga Spanyol. Erick menilai setidaknya perlu ada satu lawan berperingkat tinggi di kalender FIFA Matchday Timnas Indonesia.

"Kita tahun depan kan ada FIFA Match Day, kalau bisq seperti pertandingan Argentina, diumumkan akhir tahun. Kita juga sedang melobi negara-negara besar seperti Jerman, Portugal, Brasil, atau Spanyol untuk supaya seperti ada kalender kita dalam FIFA Matchday ada satu lawan besar," kata Erick kepada awak media di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Namun ia mengaku sejauh ini belum ada yang menjawab ajakan tersebut. "Belum (dijawab), Surat tapi sudah dikirim," ujarnya menambahkan. 

Dalam hal FIFA Matchday, Erick Thohir mengkategorikan laga uji coba itu menjadi tiga, yakni pertama untuk mencari poin dengan mencari lawan yang seimbang sehingga ada kesempatan besar untuk menang, kemudian lawan yang levelnya sedikit di atas untuk menguji mental, dan terakhir lawan yang levelnya jauh di atas Indonesia untuk menguji nyali.

Sebelumnya, PSSI era Erick Thohir berhasil membawa Argentina ke Indonesia untuk uji nyali meskipun ada konsekuensi kehilangan poin. Tapi dari segi bisnis pertandingan uji coba melawan tim-tim besar akan menguntungkan dan itu juga penting untuk PSSI. Di sisi lain, pengalaman bertanding melawan tim besar juga sangat berharga untuk memperkuat mental para pemain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement