Rabu 26 Jul 2023 05:33 WIB

Golkar Dihantam Puting Beliung, Sikap Jokowi Ditunggu

Sudah terlihat ada semacam jarak yang memisahkan Airlangga dan Presiden Jokowi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) usai menjalani pemeriksaan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (24/7/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) usai menjalani pemeriksaan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (24/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, diperiksa selama 12 jam oleh Kejagung atas dugaan korupsi CPO. Selain kepada Partai Golkar, perhatian masyarakat turut mengarah kepada sikap Presiden Joko Widodo.

Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan, ini bukan merupakan angin biasa yang menimpa Partai Golkar. Dia merasa, ini merupakan bencana berupa angin puting beliung karena berasal dari lingkaran Istana.

Baca Juga

"Karena sumbernya jelas dari lingkaran Istana, baik yang berhubungan persoalan hukumnya maupun persoalan rencana Munaslub, ini bukan angin biasa, ini angin puting beliung," kata Ray kepada Republika, Selasa (25/7).

Apalagi, Ray menuturkan, yang sudah bersiap untuk terjun mengambil tongkat kepemimpinan ke Partai Golkar bukan orang luar. Tapi, Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia.

Direktur Lingkar Madani itu merasa, saat ini banyak yang penasaran apa alasan Presiden Jokowi yang membiarkan itu semua terjadi. Sebab, angin yang menimpa Golkar hari ini tidak bisa dipungkiri berasal dari Istana.

"Apakah pemeriksaan terhadap Airlangga memang direstui Pak Jokowi," ujar Ray, mempertanyakan.

Selain itu, dia mengaku, penasaran apa alasan Presiden Jokowi membiarkan tindak tanduk dari Luhut Binsar Pandjaitan maupun Bahlil Lahadalia. Mengingat, Ray mengingatkan, keduanya jelas merupakan anak buah Jokowi.

Kedekatan Airlangga dan Jokowi dipertanyakan ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement