Senin 24 Jul 2023 17:49 WIB

Bareng Prabowo-Erick ke Jatim, Jokowi Dinilai Perjelas Dukungan di Pilpres 2024

Pengamat menilai Jokowi bareng Prabowo dan Erick Thohir ke Jatim memperjelas dukungan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo dan Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi PT Pindad di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023). Pengamat sebut Jokowi dukung Prabowo dan Erick Thohir.
Foto: Dok Laily Rachev/Biro Pers Sekre
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo dan Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi PT Pindad di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023). Pengamat sebut Jokowi dukung Prabowo dan Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo meninjau produk senjata dan kendaraan PT Pindad di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tidak sendiri, Jokowi ditemani Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Pengamat politik, Ujang Komaruddin mengatakan, kedekatan tokoh-tokoh ini memang memberikan pesan yang positif kepada publik. Khususnya, kedekatan dan kebersamaan dalam semangat yang sama, membangun bangsa dan negara.

Baca Juga

Namun, ia berpendapat, kedekatan itu turut memberi indikasi soal pesan cukup kuat yang disampaikan Presiden Jokowi tentang arah dukungannya di Pilpres 2024 mendatang. Yaitu, diberikan kepada Prabowo Subianto.

"Kita tahu, Pak Jokowi sering meng-endorse Prabowo, sering juga bersama Prabowo, jadi semakin lengket. Bisa jadi arah dukungan Jokowi itu ke Prabowo," kata Ujang lewat rilis yang diterima Republika, Senin (24/7/2023).

 

Apalagi, lanjut Ujang, Jokowi dan Prabowo memang cukup sering bertemu. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu mengingatkan, pertemuan itu dilakukan baik di Istana maupun saat menemui masyarakat.

"Jadi, banyak endorse yang dilakukan oleh Jokowi untuk Prabowo dan semuanya positif," ujar Ujang.

Sebelumnya, Prabowo-Erick turut mendampingi Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Bululawang, Malang. Pada kesempatan itu, Jokowi mengajak Prabowo-Erick memberi bantuan sosial berupa BLT kepada pedagang-pedagang pasar.

Kedatangan Jokowi kali ini turut dilakukan dalam rangka mengecek harga-harga di pasar. Kedatangan Presiden Jokowi, Menteri Prabowo dan Menteri Erick disambut meriah pedagang-pedagang yang ada di Pasar Bululawang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement