Sabtu 15 Jul 2023 09:56 WIB

Mantan Komandan NII KW IX: Saatnya Dewasa Sikapi Kegagalan Proyek NII Al Zaytun

Lebih dewasa sikapi Al Zaytun

Aparat kepolisan ketika berja pintu masuk Mahad Al-Zaytun, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu. (ilustrasi).
Foto:

PERILAKU MENYIMPANG

Kedewasaan bersikap dan bertindak wajib memenuhi kaidah kemanusiaan yang adil dan beradab. Jangan melahirkan produk-produk radikalisme yang terorganisir dan terkaderisasi.

Cairkan penyimpangan perilaku rakyat dengan berbagai program yang edukatif-preventif yang berkesinambungan. Baik dengan pendekatan kurikulum dari sisi pendidikan, pendekatan sosialisasi keagamaan dengan para tokoh-tokoh agama dan organisasi masyarakat terkait.

Selain itu lakukan pendekatan dengan pengadaan sarana dan prasarana ibadah penunjang, pengiriman para pengajar yang berkompeten ke pelosok-pelosok daerah, pengentasan kemiskinan rakyat dengan menggerakkan ekonomi dari sumber alam setempat di tiap desa, dan lainnya.

Bila dilakukan inilah yang dapat mewujudkan kehidupan sejahtera dengan keberagamaan yang sehat dalam kedaulatan negara Republik Indonesia. Serta buanglah jauh-jauh sikap mendeskritkan kelompok tertentu dengan terapi rehabilitasi yang tepat guna. 

Ke depan kita berharap dunia intelejen terlepas dari belenggu warisan kolonial, senioritas, tekanan pihak tertentu, dan politik adu-domba. Hal ini misalnya adanya kebijakan intelejen yang tidak menelurkan produk-produk kadaluarsa sehingga rakyat teracuni.

Intelejen yang tidak ditunggangi oknum-oknum yang tidak memperhatikan kaidah-kaidah kehidupan beragama dan merusaknya. Intelejen yang menjaga kondusifitas kehidupan beragama yang sehat.

Intelejen yang welas-asih kepada rakyat dalam seluruh program-programnya. Intelejen yang dewasa bersikap dengan melindungi eksistensi negara dan rakyat dengan segala potensinya yang positif. Intelejen yang mampu menghalau awan hitam dengan mentari-pelangi. Intelejen yang memberi kesejukan dan terjaga marwahnya.

Kini saatnya, kita bangun intelejen yang bermartabat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement