Jumat 07 Jul 2023 07:52 WIB

Mengenal Profil Mentereng Dokter Gamal, Calon Lawan Kaesang di Depok

Pangeran Charles dan Presiden Putin pernah undang Gamal Albinsaid berkat prestasinya.

Dokter inspiratif asal Kota Malang, Gamal Albinsaid memperkenalkan aplikasi kesehatan Inmed di Jalan Baluran, Kota Malang, Selasa (23/10/2019).
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Dokter inspiratif asal Kota Malang, Gamal Albinsaid memperkenalkan aplikasi kesehatan Inmed di Jalan Baluran, Kota Malang, Selasa (23/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Gamal Albinsaid mendadak menjadi perbincangan publik. Hal itu setelah Dewan Perwakilan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Depok mengumumkan daftar tiga kandidat calon wali kota (cawalkot) Depok 2024. Selain Gamal, dua nama lainnya adalah Imam Budi Hartono dan Mohammad Kholid.

Jika Imam adalah ketua DPD PKS Kota Depok sekaligus wakil wali kota Depok saat ini maka Kholid adalah juru bicara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS serta calon anggota legislatif (caleg) DPR. Adapun Gamal saat ini menjabat ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS serta caleg DPR.

Nantinya, dari tiga nama kandidat itu akan dikerucutkan menjadi satu nama. "Dari tiga nama ini kita kerucutkan untuk menjadi satu nama yang kita usulkan ke DPW," kata Ketua Tim Penjaringan DPD PKS Kota Depok, Hermanto Setiawan kepada wartawan di Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (5/7/2023).

Baca: PKS Depok Siapkan Gamal Albinsaid untuk Lawan Kaesang

 

Hanya saja, dari tiga nama yang disebut PKS, ternyata respons publik, termasuk warganet terhadap nama Gamal paling positif. Di berbagai kanal media sosial (medsos), ia disebut-sebut sebagai calon paling berkualitas untuk memimpin Kota Depok pada 2024-2029. Jika dihadapkan dengan Kaesang, Gamal diyakini memiliki keunggulan lebih dibanding lawannya.

Gamal yang berlatar belakang pendidikan kedokteran Universitas Brawijaya (UB) lahir di Kota Malang, 8 September 1989. Dia dikenal sebagai seorang inovator di bidang kesehatan. Berbagai program dan inovasi dibuat dan diluncurkannya, termasuk sistem berobat menggunakan sampah. Sehingga warga miskin bisa berobat di Klinik Asuransi Sampah yang dirintisnya.

Berkat terobosan yang dilakukannya, Gamal menorehkan berbagai penghargaan nasional dan internasional. Gamal pernah menjadi Tokoh Perubahan Republika 2013 hingga Anugerah Karya Inspiratif 2011 dari Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Penghargaan paling fenomenal tentunya ketika Gamal mendapat kesempatan diundang untuk menghadiri acara dengan Pangeran Charles di Istana Buckingham, Inggris pada 2014. Kini Charles sudah menjadi raja Inggris menggantikan Ratu Elizabeth II yang mangkat pada 2022. 

Selain itu, Gamal juga pernah diundang bersama tokoh muda dari berbagai belahan dunia untuk berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Sochi pada 2017. Dia diberi kesempatan menjelaskan inovasi warga miskin bisa berobat dengan memanfaatkan aplikasi untuk konsultasi ke dokter dengan membayar dengan sampah.

Baca: Kaesang Pangarep Versus dr Gamal Albinsaid di Depok

Ditanya rahasia sukses dalam pencapaian hidupnya, Gamal tidak segan membocorkannya. Dia mengaku, berterima kasih kepada orang tua yang telah mendoakannya hingga bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang. Dia menyebut doa orang tua pembuka jalan kesuksesannya.

Berkat doa orang tua...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement