Ahad 02 Jul 2023 09:17 WIB

Jadikan Idul Adha Sebagai Momen Edukasi, Ganjar Sejati Sosialisasi Pemotongan Kurban

Jumlah kurban yang disembelih di Depok pada Idul Adha 1444 sebanyak 22.757 ekor.

Warga kompak melakukan emotongan hewan kurban di Depok, Jawa Barat.
Foto: Dok. RGS
Warga kompak melakukan emotongan hewan kurban di Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dalam rangka memperingati Hari Raya Iduladha 1444 H, kelompok sukarelawan memberikan sosialisasi pemotongan hewan kurban di Jalan Pitara Raya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Koordinator Daerah (Korda) Ganjar Sejati Depok, Fairus Qolbi mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pemotongan hewan kurban sesuai dengan syariat islam.

“Kegiatan yang dilakukan Ganjar Sejati sosialisasi bagaimana cara pemotongan hewan kurban sesuai syariat Islam,” kata Fairus seperti dilansir pada Ahad (2/7/2023). 

Baca Juga

Fairus mengatakan, para peserta turut dijelaskan beberapa cara proses penyembelihan hewan kurban, mulai dari posisi hewan kurban dijatuhkan untuk disembelih, hingga membaca doa saat penyembelihan.

“(Diharapkan) masyarakat Depok khususnya, bagaimana cara memahami pemotongan yang baik dan benar,” urai dia.

Fairus mengatakan, warga di Jalan Pitara Raya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, sangat antusias untuk mengikuti sosialisasi pemotongan hewan kurban.

“Tentu untuk masyarakat sekitar di kota Depok khususnya di kampung Pitara responsnya sangat baik dan menyetujui kegiatan ini,” ujar Fairus.

Lebih lanjut, Fairus berharap apa yang sudah dibuat oleh pihaknya bisa mempererat ukhuwah islamiyah sesama warga khususnya saat momen Iduladha.

“Harapan yang dilakukan sama Ganjar Sejati, baik masyarakat kota Depok untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah dalam kegiatan Idul Adha khususnya kurban,” ungkapnya.

Sementara itu, Radinal salah satu peserta turut mengapresiasi sosialisasi pemotongan hewan kurban yang diselenggarakan oleh Sukarelawan Ganjar Sejati Depok.

Menurut Radinal, kegiatan yang digagas ini bisa memberikan pengetahuan baru bagi dirinya dan warga sekitar.

“Menurut saya sendiri positif buat warga disini Bisa memberikan edukasi bagi masyarakat,” kata Radinal.

Selain melakukan sosialisasi pemotongan hewan kurban, juga dilaksanakan penyembelihan satu hewan kurban dan dibagikan ke warga sekitar.

Adapun, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, mencatat jumlah hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha 1444 Hijriah sebanyak 22.757 ekor.

"Jumlahnya 22.757 ekor terdiri dari sapi, kambing, domba, dan kerbau," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Dede Zuraida di Depok, demikian dilansir dari Antara. 

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement