Jumat 30 Jun 2023 14:42 WIB

Dijamu Pangeran MBS, Anies: Kita Ingin Makin Banyak Kerja Sama RI-Saudi

Pangeran MBS mengundang para tamu Raja untuk makan siang bersama.

Rep: Fergi/Teguh/ Red: Teguh Firmansyah
Anies Baswedan dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.
Foto: SPA
Anies Baswedan dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Gubernur DKI Anies Baswedan menjadi tamu undangan dari Kerajaan Arab Saudi dalam pelaksanaan ibadah haji 1444 H. Dalam foto teranyar, Anies ikut mendapat jamuan dari Saudi dan bersalaman dengan Pangeraman Muhammad Bin Salman. 

"Sejatinya haji adalah “panggilan” dari Allah swt. Kami semua adalah Tamu Allah, jamaah haji yg sedang berada di Mina ini adalah Tamu Allah. Kami semua menjawab “panggilan” itu dengan talbiyah: Labaik Allahuma Labaik; aku datang memenuhi panggilan-Mu, ya Allah," kata Anies lewat akun Instagram-nya, Rabu (30/6/2023). 

Baca Juga

Anies menceritakan, pada Kamis (30/6/2023), Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud (MBS) mengundang para tamu raja untuk makan siang bersama di Istana Mina, Makkah. 

Sejak 8 Dzulhijah, kata Anies, para tamu raja ditempatkan di Mina Hospitality Palace, sekitar 10 menit dari bangunan utama Istana Raja di Mina. Kompleks istana ini ada di sisi barat daya kawasan Mina.

 

"Saat berjumpa dengan Putera Mahkota Pangeran MBS, kami sampaikan ucapan terima kasih atas kehormatan untuk bisa berangkat haji atas undangan dari Kerajaan Arab Saudi dan atas pelayanan yang luar biasa selama tinggal di Makkah ini. Kami titipkan salam hormat untuk ayahanda, Raja Salman, semoga beliau diberikan kesehatan, dipanjangkan umurnya," tutur capres dari Koalisi Perubahan itu. 

Kepada Pangeran MBS, ia juga menyampaikan ucapan selamat, semoga bisa terus menjalankan tugas dengan baik. "Semoga bisa kembali berkunjung ke Indonesia, kita ingin makin banyak kerja sama antar Indonesia-Arab Saudi, yang makin mengeratkan persaudaraan antar kedua bangsa yang sudah amat panjang."

Tidak hanya Anies, beberapa tokoh dari berbagai negara juga mendapatkan undangan MBS hingga menghadiri pertemuan tersebut. Pertemuan ini digelar dengan tamu-tamu seperti para pejabat kerajaan Arab Saudi, kepala pemerintahan, delegasi, tokoh agama, dan figur-figur publik yang menjadi tamu undangan VIP haji tahun 2023.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement