Rabu 28 Jun 2023 16:53 WIB

Polri Siapkan Rekayasa Lalin Jika Terjadi Kepadatan Selama Libur Panjang

Polri menyiapkan rekayasan lalu lintas jika terjadi kepadatan selama libur panjang.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
Kendaraan wisatawan memadati Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Polri menyiapkan rekayasan lalu lintas jika terjadi kepadatan selama libur panjang.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Kendaraan wisatawan memadati Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Polri menyiapkan rekayasan lalu lintas jika terjadi kepadatan selama libur panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan, dengan adanya libur bersama dan cuti bersama di Idul Adha 1444/2023 dari 28-30 Juni 2023 diprediksi bakal ada peningkatan arus. Karena itu pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan selama libur dan cuti bersama Idul Adha 1444/2023.

"Polri, Kementerian Perhubungan, dan stakeholder sudah menyiapkan beberapa alternatif untuk rekayasa lalu lintas di Jakarta Cikampek sendiri, apabila nanti arus lalu lintas PCR rasio sudah mendekati 0,8 akan dilakukan rekayasa lalu lintas contraflow satu lajur, dua lajur," ujar Aan Suhanan di Gedung NTMC, Rabu (28/6). 

Baca Juga

Selain memperlancar arus yang melintas di tol, kata Aan, jalur arteri juga akan dilakukan pembatasan angkutan barang sumbu tiga ke atas. Pembatasan sendiri sudah berjalan sejak tanggal 27 kemarin mulai jam 04.00 WIB sampai jam 00.00 WIB dan hari ini mulai pukul 00.00 WIB.

Kemudian juga pada saat kembali nanti pada tanggal 2 Juni 2023 hari Ahad juga akan melakukan pembatasan sumbu tiga ke atas di ruas jalan tertentu. "Untuk kelancaran arus lalu lintas pada saat cuti bersama di Idul Adha tahun 2023," ungkap Dirgakkum Korlantas Polri. 

 

Dalam mencegah kepadatan yang mengarah tempat wisata, Aan mengatakan, petugas Kepolisian juga telah melakukan rapat koordinasi dengan beberapa stakeholder dan jajaran untuk mengantisipasi jalur-jalur wisata baik di Jawa dan di luar Jawa. Petugas Kepolisian sudah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas.

"Diberlakukan pada saat terjadi kepadatan di jalur-jalur wisata ini, bisa pengalihan arus kemudian bisa Contra Flow atau One Way menuju ke tempat wisata," tambah Aan.

Menurut Aan, berdasarkan pantauan CCTV di NTMC Polri dan Jasa Marga mulai terjadi peningkatan arus sejak pukul 06.00 WIB yang memasuki antrian di jalur MBZ tapi  masih dalam kategori ramai lancar. Sehingga dengan demikian, kata Aan, belum memberlakukan rekayasa lalu lintas terutama di Jakarta Cikampek.

"Mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan di libur cuti bersama ini untuk mempersiapakan kondisi tubuh yang fit serta pastikan kendaraan dalam keadaan yang aman," imbau Aan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement