Selasa 27 Jun 2023 07:51 WIB

'Srikandi BUMN Goes To Campus'; Peruri dan PTPN II Berbagi Pengalaman dengan Mahasiswa USU

Erick Thohir mendorong para srikandi BUMN membuat perubahan.

Srikandi BUMN Goes to Campus ke Universitas Sumatera Utara untuk berbagi informasi dan pengalaman menarik bekerja di BUMN.
Foto: BUMN
Srikandi BUMN Goes to Campus ke Universitas Sumatera Utara untuk berbagi informasi dan pengalaman menarik bekerja di BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN – Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong agar kaum perempuan memberikan dampak untuk bangsa. Hal itu yang mendorong keinginan Erick agar 25 persen kepemimpinan BUMN diisi oleh perempuan, karena perubahan banyak didorong oleh perempuan. 

Sejauh ini, para perempuan di BUMN pun telah mengaplikasikan haraoan Erick dengan membuat program Srikandi BUMN Goes to Campus. 

Baca Juga

Dua BUMN, Peruri dan PTPN II menggelar kegiatan Srikandi BUMN Goes to Campus ke Universitas Sumatera Utara untuk berbagi informasi dan pengalaman menarik bekerja di BUMN. Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Sinergi dan Berbagi Inspirasi Untuk Indonesia” ini dilakukan di Auditorium Prof. Suhadji Hadibroto, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU), Medan.

Kegiatan dikemas dalam sesi talkshow yang menghadirkan pembicara Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Peruri, Winarsih Budiriani sebagai salah satu Srikandi Peruri, Direktur PTPN II, Irwan Perangin-Angin serta seorang banker sekaligus penulis dari Bank Mandiri, Ika Natassa. 

 

Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc. selaku Wakil Rektor USU memberikan arahan kepada para mahasiswa USU untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. “Saya berharap segala sharing informasi hari ini dapat membuka pemahaman dan ide-ide baru bagi kita. Manfaatkanlah kesempatan ini dengan menyimak, mencermati dan berdiskusi dengan baik guna mendapat informasi yang akurat langsung dari narasumber yang hadir di sini,” ujar Prof. Opim, seperti dilansir pada Selasa (27/6/2023). 

Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri, Gandung Anggoro Murdani juga berkesempatan memberikan sambutan di hadapan 300 mahasiswa USU. Gandung mengatakan, kegiatan Srikandi Goes to Campus adalah program yang digagas Kementerian BUMN untuk mensosialisasikan lingkungan kerja BUMN yang inklusif bagi siapa saja tanpa memandang gender ataupun latar belakang lainnya. “Di sini kami mengajak mahasiswa-mahasiswi USU untuk belajar, bertumbuh dan berkontribusi bersama BUMN untuk memberikan kontribusi positif untuk negara,” ujar Gandung.

Pada kesempatan ini Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Peruri Winarsih Budiriani mengatakan, Menteri BUMN memiliki target 25 persen jajaran Direksi BUMN adalah perempuan, sedangkan 10 persennya dari kalangan anak muda. Salah satu langkah untuk mewujudkan arahan dari Menteri BUMN, Peruri turut mendorong peranan wanita untuk berkontribusi secara optimal dan mendapatkan posisi jabatan manajerial. 

“Sejauh ini Peruri memiliki jumlah best talent wanita sebanyak 44 persen dalam posisi Kepala Divisi dan 29 persen untuk posisi Kepala Departemen,” kata Winarsih. 

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, Peruri juga telah menerapkan Respectful Workplace Policy untuk mencegah adanya diskriminasi, kekerasan, pelecehan di lingkungan kerja. Winarsih berharap mahasiswa USU termotivasi dan memiliki keinginan untuk melanjutkan karir di BUMN.

Ika Natassa selaku penulis dan bankir yang juga alumni dari USU bercerita membagikan pengalaman asyiknya bekerja di BUMN, juga memberikan afirmasi bahwa dalam melakukan suatu pekerjaan itu membuka kesempatan-kesempatan untuk mendapat ilmu baru. “Akses kepada ilmu itu adalah satu hal yang paling priceless dalam hidup, karena tidak semua orang punya itu. Jika temen-temen bekerja di BUMN, banyak banget pintu untuk dapat ilmu bukan hanya sesama pegawai dan atasan tetapi juga kepada customer dan nasabah,” kata Ika.

Di sisi lain, Irwan Perangin-Angin, Direktur PTPN II selaku anak usaha Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), mengatakan, pihaknya mengembangkan sumber energi terbarukan dan memiliki dua unit PLTBG (Biogas) di Pabrik Kelapa Sawit PM dan KWS yang dioperasikan sejak Januari 2020. 

“Kami mengajak seluruh insan USU untuk bergabung dengan BUMN untuk membangun bumi tercinta Indonesia serta menggunakan produk dalam negeri. Kita harus membawa nama Indonesia Go Global dan agar ke depannya talent mahasiswa bisa menjadi pemimpin di Indonesia” ucap Irwan.

Seiring peningkatan produktivitas dari PT Perkebunan Nusantara III (Persero) yang telah menorehkan sejarah atas capaian kinerja keuangan yang sangat membanggakan. Perusahaan Induk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang perkebunan ini mampu membukukan laba konsolidasi sebesar Rp. 4,64 triliun di tahun 2021. Itu kemudian meningkat menjadi 6,02 triliun ditahun 2022 dan menjadi Perusahaan BUMN di urutan kelima dalam pencapaian laba terbesar sepanjang sejarah PTPN. Peningkatan ini membuktikan bahwa upaya transformasi PTPN berhasil memberikan dampak positif pada kinerja keuangan PTPN Group pada tahun 2021 dan 2022.

Sebagai wujud kontribusi perusahaan kepada bangsa dan masyarakat, Peruri memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa USU yang diserahkan secara simbolis. Hal ini merupakan bentuk konkret kepedulian Peruri terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Bantuan beasiswa juga dinilai akan memberikan dorongan bagi mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik yang lebih tinggi untuk berusaha lebih keras dalam belajar. 

Hal ini menunjukkan bahwa Peruri sebagai agen perubahan yang peduli terhadap pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement