Rabu 21 Jun 2023 08:50 WIB

Dishub Sediakan Feeder Menuju Lima Stasiun LRT di Kota Bekasi

Pemkot Bekasi menyediakan feeder Transpatriot dan angkut ke stasiun LRT Jabodebek.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Erik Purnama Putra
Pembangunan Stasiun LRT (Light Rail Transit) Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/5/2022).
Foto: ANTARA / Fakhri Hermansyah
Pembangunan Stasiun LRT (Light Rail Transit) Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sudah menyiapkan angkutan pengumpan (feeder) menuju Stasiun Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Rencananya, LRT Jabodebek yang melayani Kota dan Kabupaten Bekasi dijadwalkan beroperasi pada 18 Agustus 2023.

Kepala Bidang Terminal dan Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Ade Rahmat mengatakan, feeder disediakan untuk membawa penumpang menuju stasiun LRT terdekat. Angkutan pengumpan menuju Stasiun LRT tersebut menggunakan trayek yang sudah berjalan selama ini.

"Feeder ke Stasiun LRT kita utamakan angkutan massal Transpatriot dan angkot," kata Ade  kepada wartawan di Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/6/2023).

Ade menuturkan, Pemkot Bekasi telah memiliki sembilan bus Transpatriot yang melintasi trayek Terminal Induk Bekasi-Harapan Indah. Adapun nantinya ada lima Stasiun LRT di Kota Bekasi, yaitu Stasiun Bekasi Timur, Bekasi Barat, Cikunir II, Cikunir I, dan Jatibening Baru.

Ade menyampaikan, selama ini, bus Transpatriot sudah berjalan di Koridor I dari Terminal Bekasi-Harapan Indah. Ketika nantinya LRT Jabodebek sudah beroperasi, sambung dia, Transpatriot bisa mengantar penumpang menuju stasiun LRT. "Nanti kita belokan dulu dari terminal menuju ke Stasiun LRT Bekasi Timur dan Stasiun LRT Bekasi Barat," katanya.

Sementara untuk tiga Stasiun LRT di Cikunir I, Cikunir II, dan Jatibening, menurut Ade, layanan yang disediakan berupa angkot. Dishub Kota Bekasi akan menyesuaikan jalur angkot supaya bisa melintas di tiga stasiun itu. "Kita ubah jalurnya yang sudah lewat ke situ, mampir dulu ketiga Stasiun LRT itu, Cikunir I, II, dan Jatibening," ujar Ade.

Dia mengatakan, rencana uji coba angkutan pengumpan akan dilakukan pada 12 Juli 2023 dengan masa uji coba satu bulan. Dengan begitu, nanti terlihat permintaan penumpang yang ingin naik transportasi publik.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement