Selasa 13 Jun 2023 00:01 WIB

Daging Babi Mamma Rosy, Ancaman Pidana dan Tim Pengawas Kemenag Turun Tangan

Akibat memberikan daging babi ke konsumen, Mamma Rosy terancam hukuman pidana.

Rep: Imas Damayanti/Rossi Handayani/ Red: Bilal Ramadhan
Surat peringatan manajemen Mamma Rosy kepada waiters perempuan yang menyajikan daging babi ke pelanggan yang pesan daging sapi.
Foto: Dok Mamma Rosy
Surat peringatan manajemen Mamma Rosy kepada waiters perempuan yang menyajikan daging babi ke pelanggan yang pesan daging sapi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Restoran Mamma Rosy Indonesia membuat heboh jagat dunia maya. Ini karena pengakuan seorang konsumen Muslim yang sengaja disuguhi daging babi oleh pelayan Mamma Rosy.

Parahnya, sang pelayan menjawab kalau harganya sama antara daging sapi yang dipesan konsumen dan daging babi yang disuguhkan pelayan tersebut. Restoran Mamma Rosy Indonesia menjatuhkan sanksi surat peringatan pertama (SP 1) kepada seorang karyawan dengan jabatan floor di bagian captain waiters.

Baca Juga

Hal itu karena yang bersangkutan melakukan pelanggaran Pasal 11 (1.p), yaitu tidak memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada tamu sesuai bidang tugasnya.

"Kami dengan ini secara resmi memperbaiki bahwa menyajikan makanan haram kepada pelanggan Muslim, meskipun karena kesalahan atau kecerobohan, tetap merupakan kesalahan yang sangat serius dan tidak dapat diterima," demikian keterangan manajemen Mama Rosy dalam suratnya dikutip Republika.co.id di Jakarta, Senin (12/6/2023).

 

Menurut manajemen Mamma Rosy, karena pada prinsipnya, jika pelanggan Muslim pesan makanan nonhalal, secara sadar itu bukan suatu masalah bagi pengelola restoran. Tetapi, jika pelanggan Muslim tidak pesan makanan nonhalal, tetapi pelayan yang menyajikannya maka hal itu menjadi masalah besar untuk restoran dan pelanggan.

"Yang lebih serius lagi adalah reaksi yang dangkal dan tidak profesional terhadap keluhan pelanggan yang masuk akal dan beralasan," kata manajemen Mamma Rosy.

Sebelumnya, seorang pelanggan Mamma Rosy mengadukan pelayanan tidak profesional yang dialami ketika membeli daging sapi, malah disajikan babi. "Saya Muslim, pesen beef dikasih pork. Baru tahu setelah selesai makan dan lihat bill. Pas komplain waitress-nya bilang 'tapi harganya sama kok Bu'," kata pemilik akun Instagram @armaclydon. Status Instastory tersebut viral di lini masa setelah diunggah oleh akun Annisa N Thaib di @chachathaib.

Sang pelanggan sempat meminta untuk komplain ke manajer Mamma Rosy, tetapi tidak diberi akses oleh sang waitress. Yang terjadi malahan, pelanggan restoran yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan tersebut mendapatkan komentar tidak mengenakkan dari pelayan yang salah menyajikan daging.

"Terus katanya mau ditelpon ke Bu Stephanie. Siapa pun itu saya gak dikasih tahu itu siapa. Tapi ibunya nggak mau ngomong sama saya dan dia cuma bilang 'kasih aja dessert gratis'. Pastinya gak saya terima dan langsung pergi dari situ. Luar biasa Mamma Rosy, kok gak ada respect sama sekali ke agama orang ya," begitu komplain yang ditulis akun @armaclydon.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement