Senin 12 Jun 2023 13:49 WIB

Membangun Bisnis UMKM dengan Memanfaatkan Digital Komunikasi

Masyarakat harus melek digital dengan menebarkan harapan memajukan UMKM. 

UMKM menjadi wadah bagi masyarakat untuk dapat mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan media sosial.
Foto: Dok. Republika
UMKM menjadi wadah bagi masyarakat untuk dapat mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Marak para wirausaha berlomba-lomba membangun bisnis UMKM. Sayangnya, masih banyak dari mereka belum memahami cara yang efektif dalam meningkatkan penjualannya dengan memanfaatkan digital komunikasi. 

Di tengah hal itu Silver Lining mengadakan Seminar CANGKUL x Jakarta Entrepreneur “Masyarakat Intelektual dengan Melek Digital” dan Festival CANGKUL x Jakarta Entrepreneur “Pesta UMKM dengan Sentuhan Budaya Betawi”. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Jumat-Sabtu (22–23/6/2023). Seminar dan Festival ini akan dilaksanakan di kelurahan Kampung Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Harapannya, kata ketua panitia seminar CANGKUL x Jakarta Entrepreneud, Febe Nathaline, program ini akan memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya peran media sosial. Tentunya, sebagai sarana aktivitas jual-beli dan meningkatkan minat masyarakat Kampung Tengah terhadap UMKM untuk menggunakan sosial media. 

"Dan masyarakat, nantinya dapat mengimplementasikan hasil seminar dengan menggunakan sosial media sebagai wadah kegiatan penjualnya," kata dia dalam keteranganya yang diterima Republika.co.id, Senin (12/6/2023).

 

Dikatakan Nathaline, adanya program ini diharapkan dapat menjadi manfaat besar bagi peserta dalam mengembangkan usahanya. "Kegiatan ini kami dedikasikan bertepatan dengan ulang tahun Jakarta sebagai bentuk dukungan kami terhadap UMKM lokal,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, nara sumber seminar dan owner Gift Inside Celine Wisuna mengajak, masyarakat untuk melek digital dengan menebarkan harapan memajukan UMKM Indonesia. Kata dia, kegiatan yang diprakarsai oleh mahasiswa/i LSPR bersama dengan Jakarta Entrepreneur ini, diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat untuk dapat mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan media sosial. 

Sementara itu, program ini menjadi pengalaman yang besar di Kampung Tengah. “Melalui program ini saya harapkan kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM agar ilmu yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik ke depannya,” kata  Budy Hartati, Ketua Lurah Kampung Tengah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement